Tuesday, 1 Rajab 1441 / 25 February 2020

Tuesday, 1 Rajab 1441 / 25 February 2020

Ridwan Kamil: Perayaan Tahun Baru Imlek di Jabar Kondusif

Rabu 06 Feb 2019 00:53 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Hafil

Suasana Imlek (ilustrasi).

Suasana Imlek (ilustrasi).

Foto: Antara/Musyawir
Pemerintah ingin membangun keragaman menjadi suatu kekuatan.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) mengunjungi vihara Widhi Sakti di Kota Sukabumi, Selasa (5/2). Dalam kesempatan itu Emil sapaan akrabnya memastikan perayaan tahun baru Imlek di Jawa Barat berjalan kondusif.

"Selamat tahun baru imlek dan mudah-mudahan kesejahteraan makin meningkat,’’ ujar Emil kepada wartawan di Vihara Widhi Sakti Kota Sukabumi. Ia mengatakan berdasarkan laporan dari daerah momen tahun baru imlek di Jabar berjalan kondusif.

Salah satunya ungkap Emil perayaan tahun baru imlek di Kota Sukabumi pada Senin (4/2) malam. Hal ini didasarkan laporan dari Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Di mana perayaan berjalan meriah dan lancar serta sangat kondusif. Kondisi ini menunjukan semangat Pancasila di Jabar.

Sebelumya Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi meninjau secara langsung malam pergantian tahun baru Imlek Senin (4/2) malam. Dalam momen tersebut wali kota menyampaikan harapannya agar adanya keragaman dapat dijadikan kekuatan dalam membangun daerah.

Hal ini disampaikan ketika mengunjungi Vihara Widhi Sakti Sukabumi, Jalan Pajagalan Nomor 20, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi. Selain wali kota hadir juga Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro, Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Kav Mujahidin serta Ketua DPRD Kota Sukabumi Yunus Suhandi.

"Kami berkolaborasi dengan aparat keamanaan polres dan kodim menyambut baik pergantian tahun ini,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi kepada wartawan Senin malam. Ia berharap ada doa yang disampaikan untuk kebaikan kota dan menjaga kondusivitas wilayah.

Menurut Fahmi, momen tahun baru Imlek ini menjadi salah satu bentuk bahwa semua menyatakan keragaman adalah alamiah dan fitrah. Selain itu pemerintah ingin membina atau  membangun keragaman menjadi suatu kekuatan.

Dalam momen itu juga kata Fahmi, pemkot memberikan bantuan untuk lima vihara di Kota Sukabumi. Hal ini sudah dilakukan secara rutin setiap tahunnya.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro menambahkan, polisi mengerahkan ratusan personel dalam pengamanan tahun baru imlek. ‘’ Pengamanan lima vihara sudah berkoordinasi dengan para tokoh masyarakat,’’ imbuh dia.

Di mana di setiap viharap ditempatkan sebanyak 50 orang personel. Harapannya ujar Susatyo, momen tahun baru imlek berjalan dengan baik.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA