Wednesday, 2 Rajab 1441 / 26 February 2020

Wednesday, 2 Rajab 1441 / 26 February 2020

Ratusan Pemburu Angpao Padati Vihara Dharma Bakti

Selasa 05 Feb 2019 11:17 WIB

Rep: Mimi Kartika/ Red: Ani Nursalikah

Suasana perayaan Imlek di Vihara Dharma Bakti, Glodok, Jakarta Barat, Selasa (5/2).

Suasana perayaan Imlek di Vihara Dharma Bakti, Glodok, Jakarta Barat, Selasa (5/2).

Foto: Republika/Mimi Kartika
Mereka sudah berada di vihara sejak semalam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para peminta angpao sudah berbaris di Vihara Dharma Bakti, Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat. Bahkan, mereka sudah memadati vihara sejak Senin malam (4/2).

Salah satu di antaranya, warga asal Tanjung Priok, Jakarta Utara Lia (36 tahun) yang datang bersama empat anaknya ke Vihara Dharma Bhakti. Ia mengaku setiap tahun saat perayaan Imlek selalu datang ke tempat tersebut.

"Sudah dari kemarin, malam kita sudah di sini," ujar Lia sambil memegang payung agar terhindar terik matahari, Selasa (5/2).

Hingga pukul 10.20 WIB, Lia mengaku dirinya dan masing-masing anaknya sudah mengumpulkan angpao sebesar Rp 60 ribu. Menurutnya, tahun akan lebih banyak angpao yang diterima dibandingkan tahun lalu karena cuaca cerah. Ia berharap mendapat lebih banyak angpao dari orang-orang yang merayakan Imlek.

photo
Suasana perayaan Imlek di Vihara Dharma Bakti, Glodok, Jakarta Barat, Selasa (5/2).

"Kalau tahun kemarin sedikit, kan hujan deras banjir, orang juga nggak ada yang ke sini datang ngasih angpao," kata dia.

Ulfa (38), baru pertama kalinya menunggu angpao di Vihara Dharma Bhakti. Ia berangkat dari rumahnya sekitar pukul 09.00 WIB yang tak jauh dari lokasi vihara di kawasan Taman Sari, Glodok. Ia membawa putrinya yang masih berusia dua tahun.

Namun, ia baru mendapatkan angpao sebesar Rp 4.000. Di tengah teriknya matahari ia terpaksa membawa putrinya itu karena tak ada yang mengasuh di rumahnya. Ia mengatakan, tak akan berlama-lama di vihara karena kasihan terhadap anaknya.

"Nggak lama-lama kok, kalau dia nggak betah juga langsung pulang," kata dia.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, jemaat vihara juga sudah melaksanakan ibadah sejak pagi. Mereka menggunakan pakaian berwarna merah. Tampak sejumlah petugas keamanan vihara, Satpol PP, kepolisian, TNI berjaga sekitar vihara.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA