Tuesday, 6 Jumadil Akhir 1442 / 19 January 2021

Tuesday, 6 Jumadil Akhir 1442 / 19 January 2021

Mau Jantung Anak Sehat, Anda Harus Ikuti Cara Ini

Ahad 03 Feb 2019 17:40 WIB

Rep: Rossi Handayani / Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Lindungi jantung anak

Anak perlu aktif bergerak demi kesehatan jantungnya.

Kebiasaan sehat yang di ajarkan sejak dini menurunkan risiko jantung dan kegemukan

Gizi sehat harus mulai pada awal pertumbuhan menyusui. Setelah anak Anda mulai makan makanan padat, kadang-kadang balita perlu mencoba makanan beberapa kali sebelum mereka akan menerimanya. Lalu orang tua dapat menerapkan waktu bermain setelah mereka mulai merangkak untuk menjaga mereka tetap aktif. 

Semua anak-anak lebih tua dari dua tahun harus memiliki produk susu rendah lemak, satu persen atau bebas lemak susu. Jika anak lebih muda dari dua tahun, kelebihan berat badan atau berisiko untuk menjadi kelebihan berat badan, memiliki riwayat keluarga kolesterol tinggi atau awal penyakit jantung, diet pilihan dengan mengurangi lemak jenuh dapat diterapkan. 

Pada anak berusia antara dua dan lima tahun, galakkan untuk memilih makanan dengan kurang lemak, lemak jenuh dan Trans-lemak. Pada usia lima tahun pilihan makanan mereka, seperti milik Anda, harus mencakup produk susu rendah lemak, tanpa kulit ayam, ikan, daging tanpa lemak, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran. 

Selain itu, diet jantung sehat termasuk, lima buah-buahan dan sayuran harian, dua jam atau kurang dari waktu layar kali per hari, satu jam dari aktivitas fisik per hari, dan tidak ada pemanis atau minuman manis. Sangat penting untuk membuat sebuah rumah di mana pilihan sehat tersedia.

Buatlah semua menjadi menyenangkan. Bermain gim, memasak dan makan makanan bersama-sama. Batasi makanan cepat saji, konsumsi makanan yang berserat tinggi, diet kaya kalsium serta lainnya. 

Jika Anda merokok, cobalah untuk berhenti, dan jangan merokok di rumah, mobil, atau di sekitar anak-anak Anda. Anak-anak yang orang tuanya merokok berisiko lebih tinggi untuk merokok.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA