Rabu 30 Jan 2019 16:39 WIB

IPB Kenalkan Brand Baru IPB University

Perubahan nama untuk menghadapi persaingan ketat branding sebuah perguruan tinggi.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Gita Amanda
Rektor IPB,  Dr  Ir  Arif Satria saat memberikan sambutan di depan para  wisudawan IPB tahap IV tahun kuliah 2018/2019.
Foto: Dok IPB
Rektor IPB, Dr Ir Arif Satria saat memberikan sambutan di depan para wisudawan IPB tahap IV tahun kuliah 2018/2019.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Institut Pertanian Bogor (IPB) mengubah nama internasionalnya dari Bogor Agricultural University menjadi IPB University. Perubahan brand disampaikan pada acara Rabuan Bersama Awal Tahun dengan tema “Maju Bersama Menuju IPB Future 4.0”, di Graha Widya Wisuda (GWW), Kampus IPB Dramaga, Kota Bogor, Rabu (30/1).

“Penamaan Perguruan Tinggi (PT) perlu berhenti sejenak untuk dapat mengevaluasi sampai sejauh mana brand PT-nya diterima khalayak. Evaluasi brand yang dianalogikan dengan menguni seberapa berartinya brand tersebut di mata stakeholder,” kata Rektor IPB Arif Satria dalam keterangan rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (30/1).

Dia menjelaskan, sudah sejak lama telah ada dualisme dalam terjemahan nama IPB ke dalam bahasa Inggris. Meski dalam dualisme tersebut, kata dia, terjemahan “Bogor Agricultural Institute” lebih sesuai dengan padanan esensialnya, namun dalam terminalogi umumnya yang kerap digunakan justru “Bogor Agricultural University”.

Menurutnya, alasan penggunaan kata university diawali dengan pemikiran bahwa IPB telah lama menawarkan program studi yang lebih banyak dan luas. Tak hanya pada aspek pertanian dan kelautan saja.

“Karena kalau pakai nama Bogor Agricultural University itu terasa lebih panjang, maka kami sederhanakan menjadi IPB University saja,” katanya.

Dari hasil studi eksplorasi para stakeholder, Arif menjelaskan, kata institut sering diartikan secara sempit oleh calon mahasiswa maupun orang tua mahasiswa. Dengan penamaan kata universitas atau university, hal itu dapat dipandang memiliki asosiasi yang cakupannya lebih luas dan menjanjikan nilai yang lebih tinggi.

Kegiatan membranding ulang itu melihat faktor kebutuhan baru para calon mahasiswa dan stakeholder pada umumnya. Terlebih, kata dia, langkah itu diambil untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat dalam branding sebuah perguruan tinggi yang berintegritas.

“Langkah rebranding ini juga sebagai salah satu janji baru kami agar lebih distinctive dan berbeda dari universitas lain. Janji baru kami kurang lebih adalah inspiring innovation with integrity,” kata Arif.

Sebelumnya, hasil kajian ilmiah tentang perubahan nama brand IPB tersebut sudah disampaikan di berbagai pertemuan dengan stakeholder. Termasuk di dalam rapat senat akademik. Menurut dia, sebutan bahasa Inggris dan tagline baru itu nantinya akan disahkan melalui keputusan Majelis Wali Amanat (MWA) IPB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement