Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Mubazirnya Seorang Alvaro Morata

Senin 28 Jan 2019 06:30 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Penyerang Chelsea Alvaro Morata menyesali kegagalan menyelesaikan peluang di depan gawang Wolverhampton Wanderers.

Penyerang Chelsea Alvaro Morata menyesali kegagalan menyelesaikan peluang di depan gawang Wolverhampton Wanderers.

Foto: Nick Potts/PA via AP
Jika dihitung, Chelsea membayar Rp 44,3 miliar untuk satu gol yang dibuat Morata.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kisah Alvaro Morata dengan Chelsea untuk sementara berakhir karena mantan pemain Juventus itu resmi dipinjamkan ke Atletico Madrid, Ahad (27/1). Perjalanan Morata dengan Chelsea memang tak berjalan manis.

Dibeli seharga 60 juta poundsterling atau sekitar Rp 1 triliun dari Real Madrid pada Juli 2017 lalu, Morata menjadi pemain termahal yang pernah dibeli Chelsea. Namun, alih-alih mampu menggantikan peran Diego Costa di lini depan, Morata justru harus berjuang keras untuk mencetak gol.

Pada awal musim, Morata mampu tampil impresif dengan mencetak tujuh gol dalam delapan pertandingan pertamanya untuk klub. Namun, hingga akhir musim, ia hanya mencetak 11 gol di Liga Inggris dan 15 gol di semua kompetisi. Memasuki musim 2018/19 pun performa Morata tak kunjung membaik. Dari 24 kali bermain, ia hanya mencetak sembilan gol di semua kompetisi.

Selama satu setengah musim di Stamford Bridge, Morata hanya menyumbangkan 24 gol. Sebuah capaian yang tak sebanding dengan jumlah gol yang berhasil diproduksi oleh pemain berusia 26 tahun tersebut. Jika dihitung, satu gol Morata dihargai sekitar 2,5 juta pound (Rp 44 miliar). Ini menjadi sebuah investasi yang mubazir bagi kubu Stamford Bridge.

Morata pun kehilangan tempat dan digantikan Eden Hazard. Gelandang serang Belgia itu kini menjadi tulang punggung lini depan Chelsea karena dua striker inti, Morata dan Oliver Giruod, tak mampu tampil maksimal. Pemain internasional Belgia itu bahkan sampai-sampai merindukan sosok Diego Costa yang tampil sangat baik di lini depan Chelsea.

"Saya senang bermain dengan pemain top. Di Chelsea, saya mampu bermain dengan salah satu [striker] yang terbaik, Costa, selama tiga tahun," Kata Hazard, dikutip dari Express, Ahad (27/1).

 

photo
Alvaro Morata merayakan golnya pada laga perempatfinal Piala Liga Inggris di Stamforfd Bridge Stadion, London, Kamis (21/12).



Kepergian Morata ke Atletico Madrid pun akhirnya harus terjadi setelah Chelsea menggaet Gonzalo Higuain dari AC Milan. Higuain diharapkan dapat mengembalikan ketajaman sektor serangan the Blues. Kemampuan Higuain pun diakui Hazard. Menurut dia, pemain berusia 31 tahun tersebut telah mencetak banyak gol dengan banyak klub yang telah dibelanya, seperti Real Madrid, Napoli, dan Juventus.

Masuknya Higuain, lanjut Hazard, akan mengisi kekosongan lini depan. Ia menyatakan, Chelsea selama ini bermain dengan sangat baik. Namun, dalam beberapa pertandingan, penampilan yang baik itu tak mampu menghasilkan gol meski tim menciptakan banyak peluang.

Hazard mencontohkan saat lawan Spurs di semifinal Piala Liga. Ia mengatakan, jika Chelsea memiliki striker yang mampu mencetak tiga gol, pertandingan akan berakhir dengan skor 5-1. "Namun, itu tidak terjadi. Higuain dapat melakukannya. Dia penyerang top, dia dapat mencetak gol di mana saja," ungkapnya.

Di sisi lain, Morata justru mengaku bahagia dapat meninggalkan Chelsea dan bergabung dengan Atletico Madrid. Chelsea sepakat untuk meminjamkan striker termahalnya tersebut selama 18 bulan ke Los Rojiblancos dengan opsi untuk membeli meskipun itu bukan klausul wajib. Atletico akan menyelesaikan kesepatakan transfer tersebut pada Senin (28/1), hari yang sama Morata diharapkan dapat menjalani debutnya dengan menghadapi Real Betis.

"Saya sangat bahagia di tahap ini. Saya telah menunggu beberapa hari, saya ingin segalanya segera selesai dan mulai berlatih bersama rekan satu tim," kata Morata, dikutip dari Metro, Ahad (27/1).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA