Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Mengenal Gundala, Jagoan Petir Kebanggaan Indonesia

Kamis 24 Jan 2019 23:19 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Dwi Murdaningsih

Muzakki, Tara Basro, Abimana Aryasatya, Joko Anwar, Bront Palarae dalam peluncuran trailer film Gundala di Jakarta Convention Center (JCC), Ahad (28/10).

Muzakki, Tara Basro, Abimana Aryasatya, Joko Anwar, Bront Palarae dalam peluncuran trailer film Gundala di Jakarta Convention Center (JCC), Ahad (28/10).

Foto: Republika/Santi Sopia
Gundala sempat juga muncul dalam film rilisan 1981.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film layar lebar Gundala yang diadaptasi dari komik asli Indonesia, dijadwalkan rilis pada Juli 2019. Sinema produksi Screenplay Pictures, Bumilangit Studios, dan Legacy Pictures itu disutradarai oleh sineas Joko Anwar.

Kehadiran Gundala pada layar tentunya amat ditunggu-tunggu oleh mereka yang menggemari komiknya. Karakter Gundala pertama kali muncul dalam komik Gundala Putra Petir yang pada 1969 dirilis oleh penerbit Kentjana Agung.

Artinya, kehadiran film bertepatan dengan 50 tahun usia karakter ciptaan Harya Suraminata (Hasmi) tersebut. Berdasarkan rilis pers yang diterima Republika.co.id, lima dekade silam Gundala lahir di tengah maraknya komik silat di pasaran.

Dari sekian banyak komik silat itu, Gundala berhasil menjadi salah satu yang menonjol karena kekuatan cerita, karakter yang membumi, dan aksi yang seru. Gundala pun segera menjelma sebagai jagoan milik semua orang.

Hasmi bersama beberapa rekannya mengadaptasi perkembangan komik asing namun diserap dengan kearifan lokal. Akan tetapi, ide Gundala tak melulu terpengaruh dari luar. Hasmi pernah mengisahkan bahwa Gundala terinspirasi dari tokoh legendaris asal Jawa.

Tokoh bernama Ki Ageng Selo itu mampu menangkap petir dengan tangannya. Sedangkan nama Gundala berasal dari kata dalam bahasa Jawa ‘Gundolo’ yang artinya petir. Sampai akhir hayatnya, Hasmi menerbitkan 23 judul komik Gundala.

Judul terakhir adalah Surat dari Akhirat yang dirilis pada 1982. Pada 1996, sempat ada usaha untuk mengembalikan kejayaan Gundala melalui komik Patriot. Pada cerita itu, Gundala tampil bersama sejumlah karakter yaitu Godam, Maza, dan Aquanus.

Di bawah naungan Bumilangit Entertainment, komik Gundala akhirnya kembali muncul berkala di salah satu koran nasional pada 2013. Upaya itu lantas diikuti oleh berbagai judul komik lainnya hingga hari ini, baik dalam bentuk digital maupun cetak.
 
Di masa kejayaannya, Gundala sempat juga muncul dalam film rilisan 1981. Kala itu, Gundala diperankan oleh Teddy Purba. Kini, dalam film arahan Joko Anwar, sosok jagoan yang selalu membela masyarakat tersebut diperankan aktor Abimana Aryasatya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA