Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Bus Repnas Jelajah Nusantara Diluncurkan

Rabu 23 Jan 2019 15:05 WIB

Red: Fernan Rahadi

Bus

Bus

Perjalanan Bus Repnas Jelajah Nusantara akan berakhir pada akhir Maret 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Ketua Dewan Pembina Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas), Bahlil Lahadalia dan Ketua Nasional Repnas, Eka Sastra, Ahad (20/1)lalu  meluncurkan salah satu agenda utama Repnas bertajuk “Bus Repnas Jelajah Nusantara” di Simpang Lima, depan Hotel Kyriad, Banda Aceh.  

Bertolak dari Kota Banda Aceh, Bus Repnas Jelajah Nusantara ini direncanakan akan menjelajahi ratusan kota dan puluhan daerah di 16 provinsi di Indonesia selama kurang lebih 141 hari menuju kota/daerah tempat Jokowi merampungkan proyek strategis nasional (PSN) dalam kurun empat tahun terakhir.  Perjalanan Bus Repnas Jelajah Nusantara akan berakhir pada akhir Maret 2019.  

“Alasan mengapa Aceh menjadi titik tolak dari perjalanan ini adalah karena banyak tonggak sejarah lahir di Aceh antara lain Perang Aceh yang berlangsung kurang lebih selama 30 tahun," kata Ketua Nasional Repnas, Eka Sastra, dalam siaran persnya, Selasa (22/1).  

Ia mengungkapkan, sejarah panjang perjuangan rakyat Aceh membuktikan adanya ketahanan dan daya juang yang tinggi, yang bersumber dari kehidupan religius, adat yang kukuh, dan budaya Islam yang kuat dalam menghadapi kaum penjajah.  "Hal tersebut kemudian menjadi sumber inspirasi kami di Repnas untuk menjadi pribadi yang kuat dan pantang menyerah," katanya melanjutkan. 

Lebih lanjut Eka Sastra menjelaskan, tujuan Repnas mengadakan kegiatan ini adalah untuk menyosialisasikan keberhasilan Jokowi di bidang ekonomi, infrastruktur dan penciptaan lapangan kerja melalui lahirnya pengusaha muda di berbagai daerah. “Kami ingin berbagi pengetahuan yang lebih mendalam serta meningkatkan pemahaman publik di berbagai daerah akan hasil kerja Jokowi," katanya. 

Sampai akhir tahun lalu, tercatat sebanyak 40 Proyek Strategis Nasional yang 100 persen selesai dibangun dengan nilai estimasi Rp 135,8 triliun. Saat ini juga terdapat 51 PSN dan 1 program ketenagalistrikan 35 gigawatt dalam tahap beroperasi sebagian, sisanya telah masuk pada tahap kontruksi dan penyiapan.

Dari proyek-proyek srategis itu terdapat beberapa kota yang akan dikunjungi oleh Bus Repnas Jelajah Nusantara ini.  Di kota-kota tersebut tim Repnas akan berinteraksi dengan masyarakat setempat, antara lain melakukan wawancara untuk mengetahui hal-hal positif apa yang sudah dirasakan, sosialisasi program-program Repnas, mengadakan kegiatan sosial dan hiburan serta kegiatan lomba membuat vlog berskala nasional.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA