Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Jangan Jadikan Tonton Gawai Hadiah untuk Anak, Ini Akibatnya

Rabu 23 Jan 2019 16:25 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Anak bermain gim di gawai.

Penggunaan gawai menjelang tidur justru membuat anak tidur lebih sedikit dan kelelahan di hari selanjutnya.

Foto:
Memberi hadiah membuat anak jadi lebih banyak menyaksikan gawai dibandingkan tidak.

Teknik pengasuhan alternatif

Jadi, apa yang dapat dilakukan orang tua untuk menghukum atau memberi hadiah kepada anak-anak mereka jika waktu menonton atau makan kebetulan merupakan mata uang anak mereka?

Menurut dokter anak Dr. David Hill, ketua American Academy of Pediatrics Council tentang Komunikasi dan Media, mungkin sebenarnya ini saatnya untuk mengembangkan strategi pengasuhan anak yang baru.

“Hal pertama yang perlu diketahui adalah bahwa penghargaan dan hukuman eksternal ini hanya berlaku sejauh ini dan penghargaan internal dan hukuman benar-benar bekerja. Saya pikir, persetujuan atau ketidaksetujuan kami, sebagai orang tua, masih lebih kuat daripada yang kita ketahui. ”

Hill menjelaskan bahwa anak-anak benar-benar ingin membuat orang tua mereka bahagia. Dan di situlah pengasuhan positif dapat terjadi yaitu menghabiskan lebih banyak waktu memuji perilaku yang Anda ingin anak Anda ulangi, dan lebih sedikit waktu mengkritik mereka yang ingin Anda hentikan.

"Kami benar-benar berusaha untuk melihat rasio 10 banding 1 pujian untuk koreksi. Koreksi hanya memiliki dampak yang jauh lebih besar ketika terjadi dengan latar belakang pujian."

Alih-alih hadiah atau hukuman, ia menyarankan orang tua menghabiskan lebih banyak waktu untuk terlibat aktif dengan anak-anak mereka, menunjukkan saat-saat itu, berulang kali, ketika perilaku mereka mencerminkan apa yang ingin Anda lihat.

"Tidak ada yang 100 persen. Terkadang sebagai orang tua, kita semua kehilangannya. Tapi itu tentu tujuan yang bermanfaat. "

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA