Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Dua Perusahaan Resmi Melantai di Bursa Efek

Kamis 10 Jan 2019 13:41 WIB

Red: Friska Yolanda

Seorang pria beraktivitas di dekat layar elektronik pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (9/1).

Seorang pria beraktivitas di dekat layar elektronik pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (9/1).

Foto: Republika/Prayogi
Dana hasil IPO akan dipakai untuk pengembangan usaha.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan saham dua perusahaan resmi melantai di pasar modal.  Keduanya, yakni PT Estika Tata Tiara Tbk (BEEF) dan PT Pollux Investasi International Tbk (POLI).

"Setelah resmi mencatatkan sahamnya maka perseroan akan menjadi sorotan publik, diharapkan perseroan dapat terus menjaga pertumbuhan kinerja," ujar Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi, dalam sambutan pencatatan saham perdana dua perusahaan itu di Jakarta, Kamis (10/1).

Ia menyampaikan agar perseroan menjaga kepercayaan investor sehingga menjadi pilihan investasi bagi investor di pasar saham. Perseroan juga didorong untuk lebih meningkatkan penerapan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG). "Perseroan harus memelihara kepercayaan investor dengan cara pertumbuhan kinerja, dan melaksanakan keterbukaan informasi sebagai tanggung jawab emiten," katanya.

Dalam kesempatan sama, Direktur Utama PT Estika Tata Tiara Tbk Yustinus Sadmoko mengatakan hasil dana yang diraih dari aksi korporasi ini akan digunakan untuk pengembangan usaha perseroan. Sekitar 45 persen untuk pembelian sapi hidup lokal maupun impor. Sekitar 30 persen akan digunakan untuk investasi perluasan kandang, investasi bangunan fasilitas produksi baru di Subang, dan investasi bangunan untuk penambahan kapasitas produksi di Salatiga.

"Lalu, sekitar 25 persen untuk pembelian barang dagangan, yang sebagian besar berasal dari impor maupun lokal dari Bulog atau distributor lainnya, dan pembelian barang berupa produk lainnya," katanya.

Estika Tata Tiara Tbk melepas saham ke publik sebanyak 376.862.500 lembar seharga Rp340 per saham. Dengan demikian, perseroan meraih dana dari hasil penawaran umum perdana (IPO) sebesar Rp 128,13 miliar. Terpantau harga saham Estika Tata Tiara Tbk dengan kode efek BEEF naik sebesar 50 persen pada perdagangan perdana menjadi Rp 510 per saham dibandingkan harga perdana Rp 340 per saham.

Sementara itu, Sekretaris perusahaan Pollux Investasi Internasional Tbk, Tjiong Rina Setiawati, mengatakan dari aksi korporasi ini perseroan meraih dana sebesar Rp 657,44 miliar. "Sebesar 76,65 persen dari dana yang diraih itu untuk pengembangan usaha, dan sisanya untuk pembayaran pinjaman pemegang saham dan modal kerja," paparnya.

Terpantau, harga saham Pollux Investasi Internasional Tbk dengan kode efek POLI pada perdagangan perdana bergerak menguat 49,75 persen ke Rp 2.450 per saham dibandngkan harga perdananya Rp 1.635 per saham. 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA