Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Pengadilan Agama Mataram Canangkan Wilayah Bebas Korupsi

Selasa 08 Jan 2019 03:32 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Muhammad Hafil

Pengadilan agama/ilustrasi

Pengadilan agama/ilustrasi

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Hal tersebut untuk mewujudkan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID,MATARAM -- Pengadilan Agama (PA) Mataram Kelas 1A mencanangkan wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) di Kantor PA Kota Mataram, Senin (7/1).

Ketua Tim Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Abdul Salam mengatakan pencanangan zona integritas sebagai komitmen seluruh aparat dan pucuk pimpinan tentang kesiapan dan kesanggupan melakukan perubahan pola pikir dan budaya kerja untuk memberikan jaminan kepada masyarakat pencari keadilan.

"Pelayanan yang diberikan bersih dari perilaku korupsi sehingga hal ini akan berdampak pada peningkatan kepercayaan masyarakat," ujar Salam. 

Salam yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Mataram menjelaskan, pembangunan zona integritas merupakan sinergitas dari upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Pengadilan Agama Kota Mataram, kata Salam, terus melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan zona integritas melalui reformasi birokrasi dan peningkatan sarana dan prasarana pelayanan publik, khususnya dalam upaya pencegahan korupsi. 

Wali Kota Mataram Ahyar Abduh mengatakan pencanangan pembangunan zona integritas ini sangat penting. Ahyar menjelaskan, beberapa waktu yang lalu Kota Mataram dipercayakan sebagai salah satu daerah reformasi birokrasi sebagai contoh dalam melaksanakan reformasi birokrasi.

"Karena itu kami bergerak cepat dan sudah menyusun yang namanya roadmap reformasi birokrasi dengan program 8 area," ujar Ahyar.

Ahyar menjelaskan delapan area tersebut meliputi penataan keorganisasian sehingga ada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Mataram yang digabung menjadi satu dan juga melakukan penataan ketatalaksanaan seperti melakukan beberapa terobosan.

Yang terpenting, lanjut Ahyar, bagaimana mengubah pola pikir budaya kerja. Dia menegaskan, Pemerintah Kota Mataram akan terus berkomitmen dan berupaya mewujudkan Kota Mataram memberikan pelayanan terbaik, bersih, dan bebas korupsi.

"Karena itulah kami sangat mengapreasi bahwa hari ini ada salah satu lembaga pemerintahan yang berperan, berkomitmen untuk bisa mewujudkan wilayah bebas korupsi di Kota Mataram," ucap Ahyar. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA