Rabu, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 Februari 2020

Rabu, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 Februari 2020

Muhammadiyah: Jalin Ukuwah untuk Persatuan

Selasa 01 Jan 2019 00:35 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Agus Yulianto

Muhasabah Akhir Tahun, di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Senin (31/12

Muhasabah Akhir Tahun, di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Senin (31/12

Foto: Foto: Edi Yusuf/Republika
Ukuwah Islamiyah untuk kebersamaan Muslim di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ketua Pimpinan Muhammadiyah Wilayah Jawa Barat KH Dikdik Dahlan Lukman mendorong masyarakat untuk meningkatkan tali silaturahmi antar sesama Muslim. Jalinan ukuwah ini untuk semakin mengeratkan persatuan bangsa.

Hal ini disampaikannya dalam kultum di acara Muhasabah akhir tahun Republika di Masjid Pusdai Jawa Barat, Senin (31/12). Kiai Dikdik menuturkan Rasulullah SAW mengajarkan banyak hal untuk diteruskan oleh umatnya. Salah satunya adalah akhlak kepada sesama manusia.

"Pertama adalah sebarkan salam, kedua berikan rizki kita, ketiga senantiasa mempererat tali silaturahmi, keempat adalah banyaknya solat di waktu malam ketika orang sedang tertidur nyenyak," katanya di hadapan para peserta Muhasabah.

Menurutnya dari empat hal tersebut, salah satu yang terpenting adalah berkaitan silaturahmi. Rasulullah sangat menekankan pentingnya ukuwah Islamiyah untuk kebersamaan Muslim di dunia.

"Inilah pentingnya menjalin ukuwah untuk persatuan," ujarnya.

Oleh karenanya, ia menilai, momen Muhasabah menjadi salah satu media menjalin ukuwah Islamiyah. Masyarakat dari berbagai daerah dan kalangan tanpa mengenal latar belakang datang ke masjid untuk mengisi akhir tahunnya dengan merenung. Agar ke depannya bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Dia berharap, ukuwah ini bisa terus dijalin terutama kepada sesama Muslim. Sehingga, bangsa Indonesia bisa semakin bersatu untuk menggapai kemajuan negara.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA