Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Kritik Pedas Atas Rekor Bird Box Mengalir

Senin 31 Dec 2018 04:07 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Endro Yuwanto

Sandra Bullock berperan dalam film Bird Box

Sandra Bullock berperan dalam film Bird Box

Foto: NETFLIX
Kritikus menilai data yang diberikan tidak memiliki konteks.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film baru Netflix Bird Box telah mendorong layanan streaming untuk membuka suara tentang pemecah rekor. Laporan itu disambut pro-kontra dari beberapa kritikus industri film.

Tontonan terbaru itu diumumkan Netflix mengantongi lebih dari 45 juta "akun" yang telah menontonnya di pekan pertama rilis. Angka itu tampaknya menandai tujuh hari pertama terbaik untuk film Netflix.

Namun, beberapa kritikus dan pesaing TV menunjukkan nilai data yang diberikan tidak memiliki konteks. Penulis dari THR Rebecca Keegan mempertanyakan bagaimana sutradara Susanne Bier akan menggunakan hasil tersebut sebagai pendorong untuk film berikutnya.

“Akan sulit, misalnya, untuk mengatakan apa yang setara dengan aktivitas 45 juta akun dalam istilah box office tradisional. Juga tidak jelas, meskipun mungkin, jumlah tersebut mencerminkan akun yang telah mengakses film secara global," ujar CNN berkomentar, Ahad (30/12).

Netflix saat ini tersedia di lebih dari 190 negara. Namun, jumlah akun yang mengakses film di dalamnya menjadi pertanyaan karena mekanisme yang berlaku. Contoh saja fitur putar otomatis atau durasi menonton akun tersebut.

Selama beberapa tahun terakhir telah ada keraguan mengenai transparansi dari perusahaan streaming seperti Netflix, Amazon ,dan Hulu. Sebab, ada kekurangan sumber pihak ketiga yang independen seperti peringkat Nielsen yang merupakan sistem pengukuran penonton untuk tontonan.

Presiden CBS Entertainment Kelly Kahl juga sempat menyinggung masalah itu. Ia berkicau di akun Twitter tentang rekor Bird Box "diverifikasi secara independen oleh Netflix".

Netflix mungkin senang dengan kinerja film ini. Namun, ulasan kritis untuk film horor yang dibintangi oleh Sandra Bullock sebagai seorang ibu yang mencoba untuk membawa kedua anaknya ke tempat yang aman karena mereka dikejar oleh makhluk gaib yang tidak terlihat dan jahat, sebagian besar menuai tarik-ulur penilaian.

The Independent memberikan dua bintang, dengan kritik banyak drama sci-fi dystopian lain di mana peradaban runtuh dan orang-orang yang selamat mencoba untuk menyatukan keluarga. Sementara, Bird Box tidak membawa ke mana pun untuk memberikan suguhan lain dengan cerita yang kurang kuat.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA