Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

H-2 Tahun Baru, Jalur Puncak Terpantau Padat

Ahad 30 Dec 2018 08:29 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Bayu Hermawan

Lalu lintas di jalur Puncak, Jawa Barat (ilustrasi)

Lalu lintas di jalur Puncak, Jawa Barat (ilustrasi)

Foto: Antara/Arif Firmansyah
Kasat Lantas Polres Bogor mengatakan kepadatan telah terjadi sejak Ahad pagi.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kondisi lalu lintas di Simpang Gadog, Puncak, Kabupaten Bogor pada Ahad (30/12), terpantau mengalami kepadatan jumlah kendaraan yang melintas. Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama, mengatakan, kepadatan kendaraan terjadi sejak pukul 06.00 WIB sepanjang empat kilometer.

"Kendaraan dari arah Jakarta ke Puncak sudah meningkat sejak dini hari. Hal itu karena banyak hotel-hotel di Puncak yang menggunakan sistem paket Tahun Baru sehingga mayoritas berlaku hari ini waktu masuknya," kata Hasby, Ahad (30/12).

Hasby menjelaskan, terdapat simpul-simpul kemacetan di sepanjang jalur Puncak, yakni, di antara Simpang Pasir Muncang, Simpang Pasir Angin, Simpang Megamendung, Simpang Taman Wisata Matahari (TWM), Simpang Taman Safari, dan Simpang Warung Kaleng.

Hasby mengimbau kepada masyarakat pengguna jalan untun mewaspadai jalur di simpul-simpul kemacetan karena di dalamnya terdapat villa penginapan dan juga hotel-hotel. Hasby menyebut, jumlah kendaraan yang masuk ke jalur Puncak hingga 08.00 WIB berjumlah 35.367 kendaraan.

Untuk mengurai kepadatan lalu lintas, lanjutnya, pihaknya memberlakukan sistem satu arah dari arah Jakarta menuju kawasan Puncak lebih awal dari biasanya, yaitu pada pukul 07.00 WIB. Sistem satu arah tersebut akan diterapkan hingga pukul 12.30 WIB.  "Ini (sistem satu arah) jadwalnya masih situasional," ucap Hasby.

Hasby mengimbau kepada para pengguna jalan yang hendak menuju Cianjur, Cibodas, Ciloto, Taman Bunga, ataupun Bandung dan sekitarnya agar menggunakan jalur alternatif lewat Jonggol atau pun Sukabumi karena lebih efektif dan cepat sampai.

Sedangkan para pengguna jalan dari arah Bogor menuju Cianjur, lanjutnya, dapat menggunakan jalur alternatif melalui jalur Cileungsi dan Cibubur dengan jarak 86 kilometer. Sementara jalur Tol Bocimi bisa digunakan via Sukabumi.

"Untuk malam tanggal 30 Desember ini, nanti akan ada kegiatan keagamaan di Masjid Attawun pada Pukul 20.00 sampai 01.00 WIB. Diharapakan masyarakat dapat menghindari jalur tersebut karena dapat diprediksi bakal terjadi kemacetan. Dan jangan lupa, selalu gunakan jalur alternatif yang sudah disiapkan petugas," katanya.

Untuk kendaraan yang kembali menuju Jakarta dari gerbang Tol Ciawi dari data Polres Bogor berjumlah 26.030 per tanggal 29 Desember 2018. Jelang malam pergantian tahun, Polres Bogor mengerahkan 250 orang personel yang terdiri dari satuan lalu lintas (Lantas), Sabara, serta anggota Polsek Ciawi, Megamendung, dan Cisarua Puncak.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA