Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

Jabar Galang Dana Bangun Masjid di Palestina

Selasa 25 Dec 2018 04:08 WIB

Red: Gita Amanda

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Foto: Antara/M Agung Rajasa
Gubernur Jawa Barat akan mendesain sendiri masjid untuk Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) melakukan penggalangan dana untuk pembangunan masjid di Palestina pada akhir Januari 2019. Ini bersamaan dengan peluncuran desain masjid karya Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil.

"Masyarakatnya (di sana) sekarang nggak bisa beribadah, Sholat Jumat jauh. Mereka memohon bantuan akhirnya saya sepakati. Kalau soal urusan masjid saya pasti bantu, sedang kami desain," ujar Gubernur Emil seusai melakukan pertemuan dengan Aman Palestin di Gedung Pakuan Bandung, Senin (24/12).

Bersama dengan organisasi Aman Palestin, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun mengajak seluruh warga Jawa Barat untuk membantu saudara kita di sana membangun kembali masjidnya. Pada tahun 2014 Masjid Syeikh Ajlin di Gaza, Palestina hancur karena dibombardir oleh Israel dan hingga kini masjid tersebut belum dibangun kembali, sehingga menyulitkan warga setempat yang ingin beribadah.

"Mudah mudahan dalam waktu bulan-bulan ke depan, saya mengetuk hati Muslim Jawa Barat khususnya atau Indonesia, sehingga akhirnya Ukhuwah Islamiyah bisa kita hadirkan di Gaza," lanjutnya.

Gubernur Emil pernah mengunggah opsi desain gambar masjid tersebut di Instagram pribadinya beberapa waktu lalu. Masjid tersebut akan dilengkapi ornamen Asmaul Husna dengan bentuk bangunan modern.

"Saya kasih empat pilihan (yang pernah ada di instagram), ternyata warga Palestina memilih opsi nomor dua kalau nggak salah yang ada kubahnya," tutur Emil.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA