Sabtu, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 Februari 2020

Sabtu, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 Februari 2020

Mahasiswa ISDP UGM Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Senin 17 Des 2018 22:36 WIB

Red: Agung Sasongko

Mahasiswa UGM penerima beasiswa Islamic Sociopreneur Development Program (ISDP) LAZ BSM Umat mengikuti pelatihan jurnalistik yang diisi oleh redaktur senior Harian Republika, Irwan Kelana.

Mahasiswa UGM penerima beasiswa Islamic Sociopreneur Development Program (ISDP) LAZ BSM Umat mengikuti pelatihan jurnalistik yang diisi oleh redaktur senior Harian Republika, Irwan Kelana.

Foto: istimewa
Pelatihan diadakan oleh LAZ BSM Umat.

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA – LAZ BSM Umat menggelar pelatihan jurnalistik di Hotel Artotel, Yogyakarta, Ahad (16/12).  Pelatihan tersebut diikuti oleh 15 orang mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) penerima beasiswa Islamic Sociopreeur Development Program (ISDP). Pelatihan diisi oleh Irwan Kelana selaku redaktur senior Republika. 

Pembina ISDP LAZ BSM Umat, Aprilia Eviyanti  menyatakan pelatihan jurnalistik dilakukan untuk memberi bekal kepada mahasiswa penerima beasiswa ISDP yang dalam waktu dekat akan melakukan kegiatan magang perusahaan. Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui teknik dan tatacara penulisan berita yang baik supaya kegiatan magang dapat menghasilkan output berupa laporan dalam bentuk berita.

“Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal kemampuan menulis kepada para mahasiswa UGM agar kegiatan sociopreneur-nya dapat dipublikasikan sehingga bermanfaat untuk masyarakat luas,” kata Aprilia dalam keterangan tertulisnya, Ahad (16/12).

Aprilia menambahkan, kegiatan pelatihan jurnalistik berlangsung lancar hingga akhir acara. Penyelenggara menyiapkan kegiatan dengan baik. “Mahasiswa yang mengikuti kegiatan juga terlihat antusias menyimak seluruh materi yang disampaikan oleh pembicara,” ujarnya. 

Selain mendengarkan  materi, dalam kegiatan tersebut mahasiswa juga diajak praktik langsung untuk belajar menulis berita. “Belajar menulis itu seperti naik sepeda. Tidak hanya sekadar teori, tapi harus langsung praktik,”  kata Irwan Kelana.

Dalam pelatihan jurnalistik ini disampaikan tentang prinsip – prinsip dan manfaat penulisan berita bagi seorang sociopreneur muda. “Pemahaman penulisan berita menjadi mudah dan menyenangkan karena selain teori juga diajarkan praktik.

 Selain itu, pelatihan ini sangat bermanfaat sebagai bekal sociopreneur muda UGM untuk mempublikasikan karyanya” ujar Alfian Nur, salah satu mahasiswa peserta pelatihan, mengomentari kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA