Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

Petugas DLH Bersihkan Sampah Usai Pawai Persija

Sabtu 15 Dec 2018 14:40 WIB

Rep: Mimi Kartika/ Red: Andi Nur Aminah

Sejumlah Suporter Persija melakukan pawai menuju Balaikota di Kawasan Senayan, Jakarta, Ahad (18/2).

Sejumlah Suporter Persija melakukan pawai menuju Balaikota di Kawasan Senayan, Jakarta, Ahad (18/2).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sekitar 100 orang petugas dari Sudin LH Jakpus dikerahkan membersihkan sampah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para petugas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta membersihkan sisa-sisa sampah peserta pawai kemenangan Persija di sekitar Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Mereka langsung terjun menyusuri sepanjang jalan yang dilalui konvoi dengan ribuan peserta The Jakmania di Balai Kota DKI Jakarta, Sabtu (15/12).

"Kami ditugaskan kalau ada acara-acara untuk ngebersihin, kali ini acaranya Persija," ujar petugas Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Pusat Anwar Saputra (24) ditemui Republika.co.id.

Menurut dia, khusus dari Sudin LH Jakarta Pusat, sekitar 100 orang petugas dikerahkan membersihkan sampah di sepanjang Jalan Merdeka Selatan. Anwar mengatakan, sebagian besar sampah merupakan kemasan plastik botol minuman dan plastik sisa kemasan makanan.

Sampah-sampah itu berceceran di samping trotoar dan sebagian lainnya di rumput-rumput yang berada di tengah Jalan Merdeka Selatan. Ia dan salah satu rekannya Syaripudin (25) segera menyapu agar jalan kembali bersih.

"Lumayan sih sampahnya, tetapi ini masih sedikit. Kami ngebersihin di dua sisi sepanjang Jalan Merdeka Selatan ini," kata Anwar.

Para petugas juga dibantu oleh adanya mobil penyapu jalan yang turut membersihkan jalanan dari sampah yang tersisa. Serta beberapa unit mobil bak terbuka dan truk kecil untuk mengangkut sampah.

Di Jalan Merdeka Selatan baik menuju Patung Kuda maupun Gambir sudah mulai dilalui kendaraan. Setelah sebelumnya sempat ditutup karena pawai kemenangan Persija berpusat di Balaikota. Para The Jakmania memadati ke dua ruas jalan tersebut.

Saat ini, masih ada beberapa The Jakmania yang masih berlalu lalang. Ada yang membawa kendaraan pribadi sepeda motor dan mobil, metromini, menaiki bus Transjakarta, maupun berjalan kaki. Sementara arus lalu lintas di ke dua arah di Jalan Merdeka Selatan ramai lancar.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA