Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

The Jakmania 'Oranyekan' Jalan Medan Merdeka

Sabtu 15 Dec 2018 12:21 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Bayu Hermawan

Para suporter Persija atau The Jakmania telah berkumpul di depan Balai Kota DKI Jakarta meski rombongan pawai belum tiba, Sabtu (15/12).

Para suporter Persija atau The Jakmania telah berkumpul di depan Balai Kota DKI Jakarta meski rombongan pawai belum tiba, Sabtu (15/12).

Foto: Republika/Mimi Kartika
Belasan ribu The Jakmania mengikuti konvoi dan perayaan Persija Juara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rombongan tim dan pendukung Persija yang berkonvoi dari Gelora Bung Karno tiba di Balaikota. Seketika, Jalan Medan Merdeka Selatan 'berwarna oranye'.

Rombongan tim Persija Jakarta tiba di Balaikota sekitar pukul 11.00 WIB. Ribuan The Jakmania, pendukung tim Persija, memenuhi Balaikota dan wilayah sekitarnya. Nyanyian dan berbagai yel-yel dari Jakmania turut mendampingi bus tim kesayangannya melaju.

Asap dari kembang api yang memenuhi sekujur jalan depan Balaikota tidak menurunkan gemuruh suara pendukung. Dijadwalkan, rombongan tim dan staff Persija akan disambut oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Lalu lintas di jalan Thamrin, Kebon Kacang, Medan Merdeka Barat untuk sementara macet total.

Tak Diizinkan Masuk

Belasan ribu The Jakmania berkumpul di jalanan sekitar Balaikota, karena tidak diperkenankan masuk. Pantauan Republika.co.id di lokasi, meski Jakmania tidak dibolehkan masuk, terdapat dua layar besar yang terpasang sehingga massa dapat menyaksikan seremoni juara Persija dari luar halaman Balaikota.

Rizal, salah satu Jakmania asal Duren Sawit mengatakan, ada yang berbeda dari seremoni Persija saat menjadi juara Piala Presiden, Februari lalu. "Waktu itu kita boleh masuk ke halaman Balaikota, sekarang nggak boleh. Mungkin karena terlalu ramai kali ya," katanya saat ditemui Republika.co.id.

Adrian, salah satu Jakmania asal Palmerah, Jakarta Barat mengaku sudah menunggu sejak pagi hari di depan Balaikota. "Dari jam delapan kira-kira, pagi-pagi juga udah ramai," katanya.

Adrian tidak mempermasalahkan tidak diizinkannya Jakmania untuk masuk ke Balaikota. Hal itu, menurutnya, untuk menjaga massa agar tetao tertib selama seremoni berlangsung. Pantauan Republika.co.id di lokasi, kondisi massa yang memadati jalan Medan Merdeka kondusif. Ratusan petugas mulai dari anggota polisi, Satpol PP, Dishub, dan Dinas Lingkungan Hidup berjaga-jaga di lokasi.



BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA