Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Harbolnas, Menkominfo Ajak Masyarakat Beli di UMKM

Rabu 12 Dec 2018 22:38 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara

Foto: Republika TV/Surya Dinata
Keberadaan marketplace dinilai menjadi salah satu penopang ekonomi digital

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada 12 Desember 2018 diselenggarakan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang dimanfaatkan masyarakat. Terkait hal ini, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengungkapkan manfaat dagang online melalui e-commerce. 

Rudiantara mengungkapkan, hal yang menggembirakan adalah keberadaan platform online di Indonesia mampu memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dengan kemudahan yang ditawarkan, sudah sekitar 65 juta UMKM saat ini pindah ke online dalam dua tahun terakhir. 

Di dalam cuitannya di Twitter resmi miliknya @rudiantara_id, Rudiantara juga mendorong netizen untuk berbelanja produk UMKM. Menurut dia, UMKM juga semakin mampu mengedepankan produk dan layanan kreasi mereka sendiri. 

Baca Juga

"Dalam hal ini kita juga harus bantu dengan memilih produk-produk lokal dalam #HarBolNas2018 ini," tulis Rudiantara dalam cuitannya, Rabu (12/12)

Keberadaan marketplace, menurut Rudiantara telah tumbuh menjadi salah satu penopang ekonomi berbasis digital. "E-commerce di Tanah Air makin semarak, makin dipercaya karena relatif aman dan nyaman. Jumlah transaksi yang dibukukan makin fantastis," kata dia.

Keberadaan toko-toko daring mampu membuka peluang bagi setiap orang untuk mengakses modal dan pemasaran. Ia menyebutnya sebagai bagian dari penciptaan workforce digitalization. 

"Mereka yang terbatas akses kepada modal untuk toko dan pemasaran kini bisa berdagang online dengan modal relatif kecil. Yang sudah punya dagangan hijrah ke online dengan pasar yang jauh lebih luas," katanya lagi. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA