Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

BMW Dukung Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik

Senin 10 Dec 2018 19:20 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Indira Rezkisari

BMW

BMW

Foto: ap
BMW telah mengembangkan jaringan pengisian kendaraan listrik di lebih dari 30 negara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertamina meluncurkan pilot project dari Green Energy Station (GES) di SPBU Kuningan Pertamina dengan stasiun pengisian energi untuk kendaraan listrik di Jakarta, Senin (10/12). Satu stasiun pengisian energi disediakan bekerja sama dengan BMW Group Indonesia.

Satu pengisian daya dalam bentuk BMW i Wallbox Plus yang dipasang dengan konfigurasi tiga phase 22kW dan dapat diaktifkan dengan teknologi RFID. lnisiatif ini digagas Pertamina dengan adanya pergeseran global dunia otomotif dari Internal Combustion Engine menjadi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan Electric Vehicle (EV). BMW Group Indonesia menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang menjual kendaraan PHEV dari 2016 melalui peluncuran BMW i8 di GIIAS 2016.

"Untuk mendorong kesiapan kendaraan listrik, BMW Group Indonesia berikan dukungan kepada Pertamina melalui informasi mendalam seputar teknologi kendaraan listrik, pengalaman BMW Group dalam mengimplementasikan charging grid di negara lain, uji coba manfaat dan biaya operasional kendaraan listrik, hingga menyediakan BMW i Wallbox Plus di Pertamina Green Energy Station," ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia, di Jakarta, Senin (10/12).

Ramesh melanjutkan, secara global BMW telah mengembangkan jaringan pengisian energi kendaraan listrik di lebih dari 30 negara dan 120 ribu titik di seluruh dunia. Di Indonesia, selain telah menghadirkan kendaraan sports ikonik Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) seperti BMW i8 Coupe dan BMW i8 Roadster, hingga saat ini BMW telah memiliki dua dealer yang mendukung layanan aftersales dan servis kendaraan listrik yaitu BMW Astra Serpong dan BMW Tunas Tebet.

BMW i Wallbox Plus merupakan alat pengisian standar yang disediakan untuk pemiIik BMW i dan iPerformance ke depannya. Seluruh pelanggan yang membeli BMW i8 Coupe dan BMW i8 Roadster akan mendapatkan BMW i Wallbox Plus dan juga proses instalasi di rumah dengan supervisi dan biaya yang ditanggung BMW Group Indonesia. Instalasi stasiun pengisian daya  dapat disesuaikan dengan kapasitas listrik rumah dan kebutuhan kendaraan melalui konfigurasi 1 phase 7,4kW hingga 3 phase 22kW.

BMW i merupakan sub brand BMW yang fokus pada kendaraan listrik dengan prinsip berkelanjutan pada keseluruhan rantai nilai, dan pemahaman baru akan istilah premium yang didefinisikan secara tepat dari aspek berkelanjutan. Secara global BMW memiliki BMW i3 dan BMW i8 untuk ditawarkan kepada pelanggannya. Model pertama BMW i yang diperkenalkan di Indonesia adalah BMW i8, The Most Progressive Sports Car di 2016.

Dilanjutkan dengan First-ever BMW i8 Roadster yang diperkenalkan pada pembukaan GIIAS 2018. First-ever BMW i8 Roadster menggabungkan semua kelebihan dari BMW i8 dengan sensasi kenikmatan berkendara dengan atap terbuka.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA