Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Teco Apresiasi Terpilih Jadi Pelatih Terbaik Liga 1

Senin 10 Dec 2018 01:00 WIB

Red: Endro Yuwanto

Pelatih Persija Jakarta Stefano Cugurra Teco (kanan)

Pelatih Persija Jakarta Stefano Cugurra Teco (kanan)

Foto: dok. Persija
Trofi Liga 1 juga menjadi piala ketiga Persija sepanjang tahun 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih klub sepak bola Persija Jakarta Stefano 'Teco' Cugurra mengapresiasi pemilihan dirinya menjadi pelatih terbaik Liga 1 2018. Teco menjadi yang terbaik di liga setelah mengalahkan kandidat lainnya yaitu Mario Gomez (pelatih Persib Bandung) dan Robert Rene Alberts (PSM Makassar). Penentuan ini dilakukan oleh Technical Study Group Liga 1.

"Terima kasih kepada teman-teman telah memilih saya. Namun, kerja saya selama di Persija berhasil karena adanya kerja sama dengan para asisten pelatih, tim dokter, ofisial, dan manajemen," ujar Teco di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Ahad (9/12).

Stefano Cugurra memang menjadi sosok penting dalam apiknya performa Persija sepanjang Liga 1 2018. Pelatih asal Brasil tersebut mampu membuat pemainnya tampil konsisten di setiap pertandingan hingga sukses menjadi kampiun di akhir liga.

Trofi Liga 1 juga menjadi piala ketiga Persija sepanjang tahun 2018 setelah sebelumnya keluar sebagai pemenang di turnamen internasional Boost Sports Super Fix 2018 di Malaysia dan kompetisi pra-musim nasional, Piala Presiden 2018.

Ketiga gelar di atas membuktikan Teco dapat membangun tim yang solid dan bermental juara setelah pertama kali ditunjuk sebagai juru taktik Persija pada akhir Desember 2016. Kemampuan Teco dalam meracik tim mendapat pujian dari kapten Persija Ismed Sofyan.

Menurut Ismed, pelatihnya itu merupakan sosok yang tegas, disiplin, dan sangat profesional. Itulah yang membuat Stefano Cugurra layak mendapatkan rasa hormat dari skuat Persija Jakarta. "Pelatih tidak pernah melihat nama besar. Pemain akan diturunkan jika performanya bagus dalam latihan, bukan karena hal lain," ungkap Ismed.

Persija berhasil menjadi juara Liga 1 musim 2018 usai menaklukkan Mitra Kukar dengan skor 2-1 di laga pekan terakhir atau pekan ke-34 yang digelar di SUGBK, Jakarta. Dengan demikian, di klasemen akhir Liga 1, Persija mengumpulkan 62 poin. Jumlah ini lebih banyak satu poin daripada peringkat kedua PSM Makassar yang di laga lainnya menaklukkan PSMS Medan dengan skor 5-1 di Stadion Andi Mattalata, Makassar.

Gelar juara menjadi catatan manis bagi Persija karena terakhir kali mendapatkan gelar serupa pada tahun 2001 atau 17 tahun lalu. Selain juara dan mendapatkan gelar pelatih terbaik, Persija juga menempatkan pemainnya yakni Rohit Chand sebagai pemain terbaik di Liga 1 2018. Rohit mengungguli penyerang David da Silva (Persebaya Surabaya) dan gelandang Wiljan Pluim (PSM Makassar).


sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA