Tuesday, 10 Syawwal 1441 / 02 June 2020

Tuesday, 10 Syawwal 1441 / 02 June 2020

Keutamaan Muslimah Berada di Rumah

Sabtu 08 Dec 2018 05:35 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko

Ilustrasi Muslimah

Ilustrasi Muslimah

Foto: EPA/Mast Irham
Perintah dari Allah ini mengandung banyak hikmah dan maslahat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Keutamaan seorang Muslimah berada di rumah ketimbang mengejar karier sudah ada di dalam Alquran. Perintah dari Allah ini mengandung banyak hikmah dan maslahat. Tidak hanya bagi dirinya, tapi juga bagi orang-orang sekitar dan umat. Ada banyak keutamaan dan pahala yang disediakan bagi Muslimah yang menjalankan perintah ini.

Dalam surah al-Ahzab ayat 33 Allah berfirman, "Dan hendaklah kamu tetap tinggal di rumah-rumah kalian dan janganlah kalian berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang dahulu. Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul- Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, wahai ahlul bait, dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya."

Imam Ibnu Katsir rahimahullah men jelaskan, makna ayat di atas artinya tetaplah di rumah-rumah kalian dan ja nganlah keluar tanpa ada kebutuhan. Termasuk kebutuhan syar'i yang membolehkan wanita keluar rumah adalah untuk shalat di masjid dengan syaratsyarat tertentu.

Hal ini sejalan dengan Rasulullah SAW yang menyatakan, "Janganlah kalian melarang istri-istri dan anak-anak kalian dari masjid Allah. Namun, hendaklah mereka keluar dalam keadaan berjilbab." Dalam riwayat lain juga disebutkan, "Dan rumah mereka adalah lebih baik bagi mereka." Namun, perlu dipahami perintah dalam ayat di atas tidak hanya terbatas pada istri-istri saja, tetapi juga berlaku untuk seluruh kaum Muslimah.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA