Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Tol Bocimi Dinilai Perkuat Perekonomian Warga

Sabtu 01 Dec 2018 19:57 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Hafil

Sejumlah kendaraan melintas di ruas tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Kamis (21/6).

Sejumlah kendaraan melintas di ruas tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Kamis (21/6).

Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Tol Bocimi mengurai kemacetan lalu lintas.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Peresmian jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi 1 di Gerbang Tol Cigombong Bogor memberikan angin segar bagi warga dan pemerintah Sukabumi. Sebabnya aktivitas perekonomian warga di Sukabumi akan meningkat dibandingkan sebelumnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol Bocimi seksi 1 sepanjang 15,35 kilometer pada Sabtu (1/12). Sementara total panjang jalan tol Bocimi mencapai 54 kilometer.

‘’Saya memiliki keyakinan dan optimisme peresmian jalan tol ini akan semakin memperkuat kondisi perekonomian Sukabumi,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi kepada wartawan Sabtu siang. Sebabnya selama ini warga Sukabumi seringkali dihadapkan pada masalah kemacetan lalu lintas di jalur Sukabumi-Bogor.

Menurut Fahmi, keberadaan jalan tol Bocimi seksi 1 ini dinilai akan membantu mengatasi kemacetan lalu lintas. Sehingga waktu tempuh dari Sukabumi ke Bogor maupun ke Jakarta dapat lebih cepat dan tidak terkendala kemacetan.

Kondisi ini, ungkap Fahmi harus dimanfaatkan secara optimal oleh warga Sukabumi. Misalnya dalam pengembangan berbagai potensi usaha seperti wisata kuliner dan lain sebagainya.

Intinya kata Fahmi, Sukabumi bukan hanya sebagai tempat singgah melainkan tempat tinggal yang nyaman bagi para wisatawan. Bila hal ini terwujud maka roda pergerakan ekonomi masyarakat akan semakin maju dan berkembang. Kondisi tersebut akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Salah seorang warga Sukabumi, Rahman (34 tahun) mengatakan, pengoperaian jalan tol Bocimi seksi 1 ini cukup menggembirakan bagi warga Sukabumi. ‘’ Kami sangat senang karena ini jalan raya Sukabumi-Bogor selalu macet,’’ imbuh dia. Namun ia berharap pembangunan jalan tol ini dapat terus dilanjutkan hingga ke Sukabumi.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA