Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Meksiko akan Beri Gelar Tertinggi ke Menantu Donald Trump

Rabu 28 Nov 2018 11:43 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini

Jared Kushner

Jared Kushner

Foto: CNN
Penghargaan Aztec Eagle untuk Jared Kushner dikecam.

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Pemerintah Meksiko mengatakan akan memberikan penghargaan tertinggi kepada menantu sekaligus penasihat Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, yaitu Jared Kushner. Pengumuman itu memicu kritik publik di media sosial Twitter.

Kushner yang juga menjabat sebagai penasihat senior Gedung Putih, akan diberi gelar Order of the Aztec Aegle. Ia dianggap 'banyak berkontribusi' atas perjanjian perdagangan Amerika Utara pada Agustus lalu.

Kushner kerap kali menjalani peran penting dalam kebijakan luar negeri Trump. Ia bertemu dengan pemimpin-pemimpin pemerintah Meksiko lainnya untuk memperbaharui NAFTA (North American Free Trade Agreement) yang telah berusia 24 tahun. Kanada bergabung dengan perjanjian tersebut pada September.

Penghargaan itu akan diberikan secara resmi kepada Kushner pada Jumat (29/11) oleh Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto di sela pertemuan G20 di Argentina. Kabar itu dilaporkan surat kabar Meksiko, Reforma dengan mengutip sumber pemerintah yang tidak disebutkan namanya.

Dalam pertemuan G20 itu pemimpin-pemimpin negara Meksiko, Kanada, dan AS akan menandatangani perjanjian NAFTA yang baru. Pemberian gelar kepada Kushner tersebut menjadi trending topic di Twitter di mana kebanyakan masyarakat AS mengkritik keputusan pemerintah Meksiko tersebut.

"Memberikannya Aztec Eagle mencerminkan sikap yang hina dan pengecut," kata sejawan Meksiko Enrique Krauze dalam salah satu unggahannya.

Krauze juga menambahkan Trump telah menyebut imigran Meksiko sebagai pembunuh dan pemerkosa pada kampanye presiden 2016 lalu. Aktor Meksiko Gael Garcia Bernal juga mengkritik rencana pemberian gelar itu yang menurutnya 'sangat memalukan'.

Sebelumnya gelar Order of the Aztec Eagle diberikan kepada peraih Hadiah Nobel sastra Gabriel Garcia Marquez dan mantan presiden Afrika Selatan Nelson Mandela. Pada Sabtu (1/12) istri Kushner, anak dari Donald Trump, Ivanka Trump dan Wakil Presiden AS Mike Pence akan menghadiri pelantikan Andres Manuel Lopez Obrador yang memenangkan pemilihan presiden Meksiko pada Juli.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA