Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Haedar Nashir Soroti Lunturnya Keteladanan di Tahun Politik

Senin 26 Nov 2018 20:24 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Bayu Hermawan

Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nashir

Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nashir

Foto: RepublikaTV/Havid Al Vizki
Haedar meminta seluruh kader Pemuda Muhammadiyah mengedepankan nilai-nilai Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menyoroti tentang adanya kecemasan terhadap luruhnya keteladanan di tengah tahun politik. Karena itu, Haedar meminta agar para kader Pemuda Muhammadiyah mengedepankan akhlak, dan nilai-nilai dasar Islam.

"Di tengah suasana dinamika politik, kita kadang menangkap suasana ada retak karena perbedaan politik, mungkin juga politik yang cenderung mengeras, lebih dari itu juga ada kecemasan tentang luruhnya keteladanan," ujar Haedar dalam pidatonya pada pembukaan Muktamar Pemuda Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin (26/11).

Haedar meminta seluruh kader Muhammadiyah dan Pemuda Muhammadiyah untuk mengamalkan akhlak mulia seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad. Salah satunya yakni mengamalkan ucapan yang sesuai dengan perbuatan. Tak hanya itu, Haedar menegaskan, berislam bukan hanya beriman dan berilmu namun juga mencerahkan peradaban bangsa.

"Jadikan nilai-nilai dasar Islam yang kita gelorakan ini bukan untuk retorika, bukan sekadar pengetahuan, tetapi ciri khas Muhammadiyah, Islam itu diamalkan dalam perbuatan. Tunjukkan bahwa kader Muhammadiyah termasuk kader Pemuda Muhammadiyah dapat menjadi uswah hasanah dimanapun berada," kata Haedar.

Dalam pidatonya, Haedar kembali mengingatkan tentang 10 sifat kepribadian Muhammadiyah. Salah satunya adalah poin ke sembilan, yang berbunyi, membantu pemerintah serta bekerja sama dengan golongan lain dalam memelihara dan membangun negara untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur, serta diridhoi Allah SWT.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA