Jumat 23 Nov 2018 06:41 WIB

Amikom Tuan Rumah Road to FFI 2018 Yogyakarta

FFI merupakan ajang penghargaan tertinggi bagi dunia perfilman di Indonesia.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Gita Amanda
Film Buffalo Boys akan diputar dalam acara Road to FFI 2018 di Amikom Yogyakarta.
Foto: Instagram/yoshi_sudarso
Film Buffalo Boys akan diputar dalam acara Road to FFI 2018 di Amikom Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Universitas Amikom Yogyakarta mendapat amanah menjadi tuan rumah Road to Festival Film Indonesia (FFI) 2018 untuk Yogyakarta. Gelaran ini merupakan salah satu dari dua roadshow untuk menyambut FFI 2018.

Road to FFI 2018 di Kota Yogyakarta sendiri akan diselenggarakan 23-24 November 2018. Selain itu, Road to FFI 2018 akan berlangsung 30 November-1 Desember 2018 di Kota Manado.

Road to FFI 2018 di Kota Yogyakarta merupakan kolaborasi Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi), Badan Perfilman Indonesia, Pusbang Film Kemendikbud dan Universitas Amikom Yogyakarta. Sejumlah agenda disiapkan selama dua hari di Kota Yogyakarta. Ada pameran FFI 2018, sampai coaching clinic membuat film kualitas dunia dan acting professional pada Jumat (23/11).

Coaching clinic menghadirkan aktor Ray Sahetapy dan Produser Suyanto. Ada pula talkshow "Keajaiban Sebuah Cerita Film" dari Marcela Zalianty, dan penulis skenario Jujur Prananto.

Kemudian, Sabtu (24/11), ada nonton bareng film Buffalo Boys, serta meet and greet aktor film Buffalo Boys. Agenda tersebut menghadirkan aktor Tio Pakusadewo dan Daniel Adnan.

FFI merupakan ajang penghargaan tertinggi bagi dunia perfilman di Indonesia. Ajang ini digagas untuk menjadi barometer bagi dunia perfilman Indonesia.

Gelaran ini akan berbeda dari gelaran-gelaran sebelumnya yang hanya berfokus kepada program penghargaan tahunan. FFI, kini menjadi entitas yang beroperasi sepanjang tahun.

"Kerjanya berfokus kepada usaha-usaha meningkatkan kualitas film Indonesia untuk memperkuat sisi budaya dan estetika film," kata Suyanto melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (22/11).

Tahun ini FFI 2018 mengusung tema "Membangun Kekayaan Narasi Film Indonesia". Itulah yang menjadi alasan Road to FFI 2018 diisi berbagai kegiatan yang memiliki berbagai tujuan.

Mulai dari kanonisasi film Indoneisa, pelatihan tingkat pakar, kolaborasi komunita, literasi dan apresiasi publik. Malam penganugerahan FFI akan dilangsungkan di Teater Besar Taman Ismail Marzuki.

Gelaran itu akan diselenggarakan 10 Desember 2018 mendatang. Sebanyak 23 Piala Citra Indonesia berlapis emas sudah disiapkan untuk diberikan kepada para pemenang FFI 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement