Saturday, 26 Jumadil Akhir 1443 / 29 January 2022

Saturday, 26 Jumadil Akhir 1443 / 29 January 2022

Masjid York di Inggris akan Resmi Dibuka Akhir Pekan Ini

Kamis 22 Nov 2018 16:25 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Andi Nur Aminah

Masjid di Inggris (ilustrasi)

Masjid di Inggris (ilustrasi)

Foto: guardian.co.uk
Masjid itu dibangun sejak 2015 namun telah direncanakan selama 10 tahun terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, YORK -- Masjid York yang berlokasi di Bull Lane, York, Inggris, akan secara resmi dibuka pada akhir pekan ini. Karena itu, masyarakat di kota itu diundang untuk datang dan melihat bangunan baru untuk tempat ibadah umat Muslim tersebut.

Bendahara Masjid Faizal Mohamudbuccus mengatakan, bangunan yang dibangun khusus di Bull Lane itu telah menghabiskan biaya lebih dari 1 juta pound. Biaya masjid didanai oleh berbagai sumbangan dan acara-acara termasuk gerak jalan yang disponsori, festival makanan dan penjualan segala macam barang.

"Kami telah membangunnya sejak 2015 tetapi merencanakannya selama sepuluh tahun terakhir," kata Mohamudbuccus, dilansir di York Press, Kamis (22/11).

Dia mengatakan, masjid York telah dimulai pada 1983. Ketika itu masjid melibatkan beberapa orang Muslim. Namun seiring waktu, komunitas Muslim telah tumbuh selama bertahun-tahun di sana.

Gedung baru itu tidak hanya melayani untuk kegiatan ibadah saja. Namun, ia mengatakan gedung itu juga digunakan sebagai tempat komunitas di mana banyak acara akan berlangsung. Kegiatan tersebut termasuk pameran seni, kelas anak-anak, pertemuan antaragama, kunjungan sekolah, pramuka dan kunjungan anak-anak serta pelatihan kadet polisi North Yorkshire.

"Kami juga terlibat dengan banyak kelompok masyarakat seperti Refugee Action York dan dapur tunawisma. Kami juga mengumpulkan makanan dan membawanya ke bank makanan, mengadakan pembicaraan tentang kepedulian akan kecurangan dengan Bank Barclays dan Polisi Yorkshire Utara dan membantu tentara ketika banjir terjadi di York," katanya.

Di tahun-tahun mendatang, Mohamudbuccus mengatakan tujuan mereka adalah untuk melakukan lebih banyak kegiatan komunitas dan masjid, yang terbuka bagi siapa saja yang ingin berkunjung. Dia mengatakan, pembukaan masjid pada Sabtu (24/11) pukul 13.30 waktu setempat akan menjadi acara terbesar hingga saat ini dan perayaan dari kerja keras selama bertahun-tahun.

Acara tersebut juga menjadi dedikasi dari komunitas Muslim. Selain itu, ia menambahkan akan ada tur dan pameran, yang diikuti dengan penyegaran, dengan tamu termasuk Wali Kota York, Cllr Keith Orrell, dan anggota parlemen Central York Rachael Maskell. "Kami berharap dapat menyambut semua orang di hari istimewa ini untuk bergabung dengan kami dalam perayaan kami," tambahnya. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA