Senin, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 Januari 2020

Senin, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 Januari 2020

Ousmane Dembele Buat Pusing Barcelona

Rabu 21 Nov 2018 17:10 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

Ousmane Dembele (kanan) bersama Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu.

Ousmane Dembele (kanan) bersama Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu.

Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Pemain berusia 21 tahun itu butuh bantuan untuk mengembalikan kedisiplinannya.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Ousmane Dembele terus disorot karena kontroversi lebih dari 10 hari belakangan. Khususnya karena ia absen dalam sesi latihan tanpa adanya penjelasan.

Itu bukan yang pertama kalinya terjadi sehingga membuat Barca menghukumnya dengan tidak masuk dalam skuat saat laga lawan Real Betis. Di saat yang sama, beberapa pemain yang masih aktif maupun mantan penggawa Barcelona juga angkat bicara. Mereka kebanyakan menyebut apa yang dibutuhkan pemain internasional Prancis tersebut untuk kembali semangat dan fokus pada sepak bola.

Saat ini, dikabarkan bahwa kesabaran manajemen Barcelona sepertinya hampir habis. Dembele dinilai sudah tak punya kesempatan untuk membuktikan bahwa dia dapat menjadi pemain penting untuk tim. Meski diprediksi tak akan ada hukuman lagi, namun keputusan nasib Dembele ada di tangan sang pelatih Ernesto Valverde.

Walaupun demikian, Valverde masih belum menyerah terhadap Dembele. Ia menilai, pemain berusia 21 tahun itu butuh bantuan untuk mengembalikan kedisiplinannya.

''Saya belum kehilangan kesabaran. Dia memiliki talenta spesial dan kami akan membantunya,'' ujar Valverde dikutip dari Marca, (21/11).

Sementara itu, rekan setimnya, Gerard Pique, juga menyatakan Dembele harus mendapatkan bantuan atas perilakunya tersebut. Meskipun ia meminta mantan pemain Borussia Dortmund itu lebih profesional lagi. ''Dia harus sadar sepak bola adalah pekerjaan 24 jam,'' tegasnya.

Mantan bintang Barca Andreas Iniesta menyatakan, Dembele merupakan pemain luar biasa. Namun, dirinya tidak tahu apa yang ada dalam kepala Dembele sehingga menunjukkan perilaku yang tak disiplin tersebut. Ia meminta, Dembele harus melakukan segalanya untuk menunjukkan performa terbaik. "Itu semua yang harus dilakukan untuk membuatnya merasa penting. Tidak diragukan lagi,'' ujar Iniesta.

Sikap tak profesional tersebut juga mendapatkan kecaman dari striker Barca Luis Suarez. Menurutnya, menjadi pemain sepak bola adalah sebuah keistimewaan. Ia menegaskan, Dembele harus lebih fokus lagi terhadap sepak bola dan mencontohkan para pemain profesional yang ada di ruang ganti. ''Dia harus lebih fokus pada sepak bola,'' jelas dia.

Perilaku Dembele ini bahkan sampai kepada dewan direksi Blaugrana. Presiden Barcelona Maria Bartomeu bertemu dengan agen sang pemain beberapa waktu lalu.

Direksi sepertinya khawatir dengan sikap Dembele, apalagi mereka telah berinvestasi dengan uang yang cukup besar. Dalam pertemuan dengan perwakilan Dembele, Moussa Sissoko, Bartomeu ditemani oleh Eric Abidal sebagai direktur teknik dan direktur olahraga Pep Segura.

Memang tidak jelas apa masalah yang menimpa Dembele. Namun, saat ia absen latihan, alasannya karena sakit. Namun setelah diperiksa tim medis Barca, tidak ada tanda-tanda sakit darinya. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Dembele tidak disiplin karena kecanduan main game.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA