Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

Siaga Sehat Edukasi Sampah di Masjid Pekanbaru

Selasa 20 Nov 2018 18:33 WIB

Red: Gita Amanda

Siaga Sehat Rumah Zakat.

Siaga Sehat Rumah Zakat.

Foto: Rumah Zakat
Para ibu diajari sedekah sampah yang dikumpulkan melalui bank sampah.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Menempati lingkungan yang sehat tentunya sangat diharapkan oleh semua kalangan masyarakat. Menerapkan cara hidup sehat mulai dari diri pribadi adalah salah satu cara untuk terciptanya lingkungan yang sehat dan nyaman.

Memelihara sampah dengan baik, membuang sampah pada tempatnya dan memanfaatkan sampah-sampah kering yang masih bisa diolah juga bisa menjadi solusi menjaga lingkungan. Dalam hal ini kesehatan masyarakat merupakan hal yang harus diperhatikan.

Seperti yang dilakukan oleh fasilitator kesehatan dari tim medis Klinik Pratama RGB Rumah Zakat yang melaksanakan kegiatan siaga sehat sekaligus edukasi mengenai pengelolaan sampah di Masjid Muhajirin Pekanbaru. Kegiatan siaga sehat ini diikuti oleh Jama'ah Masjid Muhajirin bersama Raja Randa Maulana selaku Lurah Marpoyan damai setempat pada taggal 13 November 2018 kemarin.

Dikutip dari siaran pers Rumah Zakat, kegiatan dimulai dengan siaga sehat oleh fasilitator kesehatan tim medis klinik Pratama RBG Rumah Zakat. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan silaturahim untuk mempererat ukhuwah Islamiah dan terakhir penyampaian edukasi oleh Ustaz Muhammad Ghazali.

Dalam materi edukasi sampah dibahas mengenai pengelolaan sampah yang dapat dimanfaatkan kembali. Kemudian sebagai langkah awal hidup sehat yang dilakukan oleh ibu-ibu, yakni dengan mulai bersedekah sampah.

Sampah yang dikumpulkan antara lain berupa kardus, plastik, botol air mineral, kertas, dan barang elektronik yang sudah tidak digunakan lagi. Kemudian sampah-sampah ini di salurkan di bank sampah klinik Pratama RBG rumah zakat untuk dikelola menjadi barang yang bermanfaat.

Ini menunjukkan besarnya rasa sosial dengan bersedekah sampah akan melindungi lingkungan dari cemaran sampah. Serta membantu pemerintah untuk mewujudkan zero waste atau disebut dengan nol sampah.

Hal ini disambut baik oleh ketua edukasi Masjid Muhajirin, beliau menuturkan.
"Jazakallah kasiran saya ucapkan kepada Rumah Zakat dan Cita Sehat Foundation telah banyak mensupport kegiatan edukasi kami di perumahan melati ini.
Semoga segala kebaikan mendatangkan berkah," ujar Ustazah Elvira.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA