Senin 19 Nov 2018 22:52 WIB

Guru TK Bosowa Bina Insani Ikuti Pelatihan Menulis Berita

Melalui pelatihan ini diharapkan akan lahir jurnalis-jurnalis baru dari kalangan guru

Redaktur senior Harian Republika, Irwan Kelana memberikan  pelatihan teknik menulis berita kepada guru-guru KB-TK Bosowa Bina Insani.
Foto: Dok SBBI
Redaktur senior Harian Republika, Irwan Kelana memberikan pelatihan teknik menulis berita kepada guru-guru KB-TK Bosowa Bina Insani.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Guru KB-TK Bosowa Bina Insani mengikuti pelatihan teknik penulisan berita. Kegiatan tersebut  diselenggarakan oleh Yayasan Bosowa Bina Insani (YBBI), Selasa (13/11), bertempat di Ruang rapat guru SMP Bosowa Bina Insani, Bogor, Jawa Barat.

Selain guru KB-TK, pelatihan ini diikuti pula oleh Manager Kurikulum Sekolah Bosowa Bina Insani (SBBI),  yaitu Fachtul Dannah. Pelatihan dibuka oleh Hj. Dedeh Soeria Atmaja selaku kepala kelembagaan dan PR SBBI. Sedangkan yang memberikan materi adalah Irwan Kelana, redaktur senior Harian Republika.

“Pelatihan tekhnik penulisan berita ini diberikan kepada guru-guru Sekolah Bosowa Bina Insani bertujuan supaya guru-guru dapat membuat berita/ siaran pers yang layak dimuat di media massa, baik media cetak maupun online, dengan teknik yang benar,” kata Dedeh saat membuka pelatihan, seperti dikutip dalam rilis SBBI yang dikirimkan kepada Republika.co.id,  Sabtu (17/11).

Ia menambahkan, melalui pelatihan ini diharapkan akan lahir jurnalis-jurnalis baru dari kalangan guru SBBI.  “Hal ini akan membedakan kualitas antara guru SBBI dengan guru-guru lain di luar SBBI,” ujarnya.

Pelatihan teknik penulisan berita berlangsung selama dua jam setengah. Irwan memberikan materi sekaligus membimbing para guru mulai dari cara membuat pointers berita sampai menjadi siaran berita yang layak tayang di media massa “Materi yang diberikan oleh Irwan Kelana sangat menarik bagi guru KB-TK Bosowa Bina Insani. Mereka  termotivasi untuk mencoba membuat berita dari setiap kegiatan yang sudah diadakan khususnya di KB-TK Bosowa Bina Insani,” tutur Dedeh.

Selepas memberikan materi pelatihan, Irwan Kelana yang juga seorang cerpenis dan novelis memberikan kenang-kenangan kepada semua peserta. Kenang-kenangan tersebut adalah novelette karyanya yang berjudul “Biarkan Cinta Menemukanmu”. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement