Fakta yang Tersisa Usai Prancis Bungkam Jerman

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto

Gol bunuh diri Mats Hummels memaksa Jerman bertekuk lutut atas Prancis dengan skor 0-1 dalam laga Grup F Euro 2020 di Allianz Arena, Muenchen, Rabu (16/6) dini hari WIB.
Gol bunuh diri Mats Hummels memaksa Jerman bertekuk lutut atas Prancis dengan skor 0-1 dalam laga Grup F Euro 2020 di Allianz Arena, Muenchen, Rabu (16/6) dini hari WIB. Foto: Franck Fife/Pool via AP
Jerman merasakan dua kekalahan beruntun dari Prancis pada Euro terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Prancis menjadi pemenang saat bertemu Jerman pada laga perdana Grup F Piala Eropa (Euro) 2020. Les Bleus unggul 1-0 atas Der Panzer lewat gol bunuh diri Mats Hummels di Allianz Stadium, Muenchen, Rabu (16/6) dini hari WIB.

Sebuah awal yang manis bagi sang juara dunia. Berikut sejumlah data dan fakta terkait hasil bigmatch tersebut, dikutip dari BBC dan UEFA.

- Prancis telah mengoleksi enam kemenangan pada laga perdana Piala Eropa. Hanya Jerman yang memiliki catatan lebih baik. Der Panzer sudah menorehkan tujuh kemenangan saat memulai sebuah turnamen Euro.

- Sudah tercipta tiga gol bunuh diri dalam 12 pertandingan perdana Piala Eropa 2020. Masing-masing atas nama Merih Demiral (Turki), Wojciech Szczesny (Polandia), dan Mats Hummels (Jerman).

- Jerman merasakan dua kekalahan beruntun pada Piala Eropa. Semua kekalahan tersebut, dialami ketika berhadapan dengan Prancis.

- Dalam dua pertandingan itu, Jerman melepaskan 28 tembakan. Sebanyak 18 di antaranya, terjadi pada semifinal Euro 2016. Sisanya, 10 tembakan dilakukan penggawa der Panzer pada partai pembuka Grup F Piala Eropa 2020 ini.

- Mats Hummels, pemain kedua yang mencetak gol sekaligus membuat gol bunuh diri saat berhadapan dengan Prancis di turnamen besar. Ia membobol gawang Les Bleus pada Piala Dunia 2014. Kali ini ia mengoyak jala sendiri, saat berhadapan dengan tim yang sama.

- Hummels menyamai catatan Mario Mandzukic. Nama terakhir mencetak gol sekaligus membuat gol bunuh diri saat bertemu Prancis hanya dalam satu pertandingan, yakni ketika Kroasia berhadapan dengan tim Ayam Jantan pada final Piala Dunia 2018.

- Manuel Neuer telah menjadi starter Jerman dalam 100 pertandingan di semua kompetisi. Ia penjaga gawang pertama yang mencapai rekor tersebut dalam sejarah sebuah negara.

- Prancis tidak terkalahkan dalam 17 pertandingan kompetitif terakhir.

- Prancis tidak terkalahkan dalam enam pertemuan terakhir melawan Jerman.

- Ini kedua kalinya dalam 27 pertandingan terakhir, Jerman gagal mencetak gol.

- Gol bunuh diri Hummels adalah yang pertama untuk Jerman di Piala Eropa. Tapi jika dihitung di semua turnamen besar, ini yang kedua. Sebelumnya, tercatat atas nama Berti Vogts (vs Austria, pada Piala Dunia 1978).

- Jerman tim pertama yang mencapai 50 pertandingan di turnamen putaran final Piala Eropa.

Terkait


Pemain Inggris Raheem Sterling mengacungkan jempolnya saat pertandingan grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Inggris dan Skotlandia di stadion Wembley di London, Sabtu (19/6) dini hari WIB.

9 Fakta Angka Jelang Duel Republik Ceska Vs Inggris

Kapten Kroasia Luka Modric.

8 Fakta Angka Jelang Laga Kroasia Vs Skotlandia

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic berjalan pada pertandingan grup D Euro 2020 melawan Republik Ceska.

Pelatih Kroasia Keluhkan Timnya Belum Temukan Ritme

Stadion Allianz Arena, markas Jerman di Euro 2020.

UEFA Tolak Rencana Lampu Pelangi di Allianz Arena

Pemain Denmark merayakan setelah Andreas Christensen mencetak gol ketiga timnya selama pertandingan grup B kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Rusia dan Denmark di stadion Parken di Kopenhagen, Denmark, Senin, 21 Juni 2021.

Denmark ke 16 Besar Euro, Eriksen Beri Selamat via Instagram

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image