Kamis 07 Jul 2016 03:50 WIB

Ronaldo Bawa Portugal ke Final Piala Eropa

Rep: Ali Mansur/ Red: Israr Itah
Cristiano Ronaldo (kanan) merayakan golnya ke gawang Wales bersama Ricardo Quaresma.
Foto: REUTERS/Carl Recine
Cristiano Ronaldo (kanan) merayakan golnya ke gawang Wales bersama Ricardo Quaresma.

REPUBLIKA.CO.ID, LYON--Cristiano Ronaldo tampil memukau saat memperkuat Portugal menghadapi Wales dalam laga semifinal Piala Eropa 2016. Satu gol dan satu assist dari CR7 mengantarkan Portugal ke final usai menaklukkan Wales 2-0 di Parc Olympique Lyonnais, Kamis (7/7) dini hari WIB.

Ronaldo mencetak gol pada menit ke-50 dan melepas tendangan mendatar yang diteruskan Nani menjadi gol tiga menit berselang. Penyerang Real Madrid ini bahkan nyaris mencetak gol kedua lewat tendangan bebas yang melesat tipis di atas mistar gawang Wayne Hennessey.

(Baca juga: Portugal ke Final, Ronaldo Jadi Bintang Laga)

Pada laga final, Portugal akan berhadapan dengan pemenang laga Prancis kontra Jerman yang berlangsung pada Jumat (8/7) dini hari WIB.

Sejak awal laga Ronaldo dan kawan-kawan memang lebih mendominasi babak pertama. Namun sejumlah upaya tim asuhan Fernando Santos belum mampu mengancam Wales secara serius.

Wales yang dipimpin Gareth Bale juga tak tinggal diam. Aksi striker Robson-Kanu dan Bale cukup merepotkan lini belakang Portugal yang tanpa diperkuat dua bek senior Ricardo Carvalho dan Pepe.

Ronaldo mendapatkan peluang pada pengujung babak pertama dari umpan silang rekannya. Tapi CR7 tak mampu menjangkau sempurna hingga bola meninggalkan lapangan begitu saja. Skor tanpa gol pun mengakhiri babak pertama.

Portugal kembali mengambil inisiatif serangan pada awal babak kedua. Upaya Selecao das Quinas langsung terbayar saat paruh kedua berjalan lima menit.

(Lihat In Picture: Ronaldo Tunjukkan Taji, Bawa Portugal ke Final Piala Eropa)

Berawal dari tendangan sudut sebelah kanan pertahanan Wales, Joao Mario seolah hendak mengoperkan langsung bola ke kotak penalti, tapi ternyata hanya menendang pelan ke arah Raphaël Guerreiro yang berdiri di dekatnya. Guerreiro langsung menendang dengan kaki kirinya dan mengarahkan bola ke Ronaldo.

Tanpa ampun, Ronaldo menyambut bola matang itu dengan sundulan bertenaga yang tak bisa dihentikan Hennessey meskipun bola mengarah tak jauh dari tangannya.

Wales yang terkejut dengan gol ini kembali dibuat tertunduk tiga menit berselang. Lewat sebuah serangan cepat Portugal, Ronaldo mendapatkan bola di luar kotak penalti, berkat sapuan bola yang tak sempurna dari pemain bertahan Wales. Melihat posisi kiper dan rekannya, ia memutuskan melepas tendangan menyusur ke gawang.

Nani dengan sigap melihat peluang ini dengan meluncurkan badan untuk mengubah arah bola. Hennessey yang sudah terlanjur melompat hanya bisa terdiam menyaksikan gawangnya bobol untuk kali kedua.

Wales tersengat dan mencoba melancarkan serangan, tapi Portugal memilih tak mengubah gaya permainan menjadi bertahan. Alhasil transisi cepat membuat pemain bertahan Wales melakukan pelanggaran di luar kotak penalti pada menit ke-60. Tendangan bebas Ronaldo nyaris menjebol gawang Hennessey untuk kali ketiga.

(Baca juga: Bale Puji Ronaldo Seusai Wales Disingkirkan Portugal)

Pelatih Chris Coleman langsung membuat penyesuaian dengan memasukkan Sam Vokes, Simon Church, dan Jonathan Williams, namun tak banyak perubahan dalam serangan Wales yang dengan mudah diantisipasi oleh barisan pertahan Portugal.

Absennya Aaron Ramsey akibat akumulasi kartu sangat terasa membuat serangan Wales kurang gereget. Joe Allen tak mampu menanggung beban sendirian sebagai inisiator serangan Wales.

Alhasil hingga laga berakhir, serangan-serangan Wales yang mengandalkan bola langsung ke kotak penalti Portugal tak mampu menciptakan gol.

Susunan pemain:

Portugal (4-1-2-1-2)

Rui Patrício; Raphaël Guerreiro, José Fonte, Bruno Alves, Soares; Danilo; Adrien Silva (Joao Maoutinho 79'), Joao Mario; Renato (Andre Gomes 74'); Cristiano Ronaldo, Nani (Ricardo Quaresma 86')

Pelatih: Fernando Santos

Wales (5-3-2)

Hennessey; Gunter, Chester, Collins (Jonathan Williams), Williams, Taylor; Allen, Ledley (Vokes 58), King; Bale, Robson-Kanu (Simon Church 63')

Pelatih: Chris Coleman

Wasit: Jonas Eriksson

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement