Kamis 14 Jun 2018 03:27 WIB

Petugas Terapkan Penjagaan Ketat di Stadion Luzhniki

Namun bagi mereka yang memiliki akreditasi, tak ada hambatan untuk mengakses.

Tim Arab Saudi berlatih di Stadion Luzhniki pada Rabu (13/6).
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Tim Arab Saudi berlatih di Stadion Luzhniki pada Rabu (13/6).

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Penjagaan ketat diterapkan petugas keamanan kepada setiap orang yang masuk ke arena Stadion Luzhniki di Moskow. Namun bagi mereka yang memiliki akreditasi, tak ada hambatan untuk mengakses tempat pembukaan Piala Dunia 2018 ini.

Pantauan di lokasi ketika akan mengurus akreditasi, Rabu (13/6), taksi yang ditumpangi diadang serta diperiksa dan ditanya tujuannya. Namun ketika disodorkan surat persetujuan dari FIFA, petugas pun langsung memberikan jalan bahkan menunjukkan arah yang harus dituju ke luar pagar stadion.

Begitu pula ketika sudah mendapatkan ID-card, para jurnalis untuk masuk gerbang stadion pun mendapatkan pemeriksaan. Pertama dari petugas jaga yang menanyakan ID-card. Jika tidak memiliki ia memberikan tanda kedua tangannya disilangkan membentuk huruf X. Sebaliknya, jika pewarta memiliki, petugas langsung mengarahkan ke dalam.

Namun, di dalam telah banyak petugas sudah bersiap dengan pengecekan sinar X, laiknya di bandara. Semua tas hingga atribut lainnya harus masuk dalam lorong pemeriksaan. Bahkan orangnya pun diperiksa melebihi pemeriksaan di bandara, dari ujung kepala jika bertopi harus dilepas hingga kaus kaki.

Sejumlah jurnalis dari beberapa negara mengakui pemeriksaan itu cukup ketat tetapi lancar dan mereka mengakui senang karena cukup menjamin keamanan.

"Saya suka karena keamanan kita terjamin. Tidak masalah diperiksa begitu ketat," kata Alberto, fotografer dari Brasil.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement