Senin 13 Jun 2016 18:44 WIB

Del Bosque Berhati-hati Jelang Laga Spanyol Kontra Ceska

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Israr Itah
 Pelatih Timnas Spanyol Vicente del Bosque
Foto: EPA/EMILIO NARANJO
Pelatih Timnas Spanyol Vicente del Bosque

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Pelatih timnas Spanyol Vicente Del Bosque mengatakan Spanyol siap menghadapi Republik Ceska pada laga perdana di Grup D di Stadium Municipal, Toulouse, Prancis, Senin (13/6) malam WIB. Menurutnya, kesiapan mereka kali ini tidak banyak berbeda saat mereka hendak bermain di Piala Dunia 2014 lalu.

Pelatih berusia 65 tahun ini mengatakan La Roja saat ini berada dalam kondisi yang baik dan mampu untuk bersaing di lapangan nanti. Meski demikian, ia tidak menampik selalu ada ketidakpastian dalam setiap turnamen apapun.

"Pertandingan pembuka sangat istimewa dan satu pertandingan dengan begitu banyak tanggung jawab, yang meningkat dari hari ke hari, tapi kami akan lihat apakah kami berada di level yang layak," kata Bosque, dilansir dari laman resmi UEFA, Senin.

Meraih tiga poin dalam laga pembuka mereka di Grup D tentu akan membantu La Roja menghindari kekecewaan mereka di Piala Dunia 2014 lalu. Spanyol belum pernah memenangkan pertandingan pembuka di turnamen besar sejak Piala Eropa 2008, saat mereka mengalahkan Rusia 4-1. 

Pada Piala Dunia 2014 lalu, Spanyol mengalami kekalahan 1-5 dari Belanda dalam laga pembuka. Selanjutnya, mereka tersingkir di babak penyisihan setelah dikalahkan Cile 0-2. Pada Piala Eropa 2012 lalu, Spanyol juga hanya meraih hasil imbang 1-1 dengan Italia pada laga pembuka. 

Del Bosque menambahkan, Republik Ceska merupakan tim yang terorganisasi dengan baik dan memiliki materi pemain yang bagus. Tidak hanya itu, menurutnya, tim asuhan Pavel Vrba itu juga memiliki bola-bola mati yang bagus yang selalu berbahaya.

Ia mengatakan La Roja telah berhasil mencapai kondisi yang baik. Meskipun, melalui musim yang sulit. Dari lima pertandingan sepanjang tahun ini, Spanyol memetik dua kali imbang dan dua kali menang. Mereka hanya menelan satu kekalahan. Hasil negatif itu diraih pada laga uji coba terakhir, saat La Roja ditaklukkan Georgia 0-1 pada 7 Juni lalu. 

"Para pemain bergabung ke skuat dalam berbagai tahap. Mereka oke dan akrab. Mari kita lihat apakah kita mampu menunjukannya nanti," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement