Ahad 10 Jul 2016 19:29 WIB

Uni Soviet Juara Piala Eropa Edisi Perdana

Viktor Ponedelnik (kedua kanan) mencetak gol yang membawa Uni Soviet menjadi juara Piala Eropa 1960.
Foto: www.uefa.com
Viktor Ponedelnik (kedua kanan) mencetak gol yang membawa Uni Soviet menjadi juara Piala Eropa 1960.

REPUBLIKA.CO.ID, Hari ini, 10 Juli 56 tahun lalu, menjadi momen bersejarah bagi sepak bola Eropa. Bertempat di Parc des Princes, Prancis, Uni Soviet keluar sebagai pemenang Piala Eropa 1960. Ini merupakan edisi pertama pesta sepak bola antarnegara Eropa yang terus berlanjut hingga sekarang.

Saat itu Piala Eropa menggunakan format home and awal pada babak penyisihan. Kemudian diambil empat terbaik untuk berlaga dalam home turnamen.

Cekoslovakia, Prancis, dan Yugoslavia lolos ke semifinal. Uni Soviet mendapatkan bye setelah lawan mereka Spanyol menolak bertanding dengan alasan politis.

Pada semifinal Uni Soviet menaklukkan Cekoslovakia 3-0, sementara Yugoslavia menjinakkan Prancis 5-4. Uni Soviet dan Yugoslavia pun lolos ke partai puncak.

Milan Galic membawa Yugoslavia memimpin pada menit ke-43, namun skor ini hanya bertahan enam menit setelah Slava Metreveli menjebol gawang Yugoslavia.

Laga dilanjutkan lewat babak tambahan setela selama 90 menit skor tetap 1-1. Viktor Ponedelnik menjadi penentu kemenangan Uni Soviet, setelah tandukannya pada menit ke-113 mengoyak jaa gawang Yugoslavia.

Ponedelnik membuktikan pemanggilan dirinya oleh pelatih Gavriil Kachalin tepat, meskipun dia berstatus pemain divisi dua.

 

sumber : UEFA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement