Ahad 19 Jun 2016 12:50 WIB

Italia Gagal Total di Piala Eropa 1996

Arrigo Sacchi, pelatih Italia pada Piala Eropa 1996.
Foto: EPA/Jaime Lopez
Arrigo Sacchi, pelatih Italia pada Piala Eropa 1996.

REPUBLIKA.CO.ID, Hari ini tepat 20 tahun lalu, sejarah buruk dicatatkan oleh timnas Italia. Berstatus sebagai finalis Piala Dunia 1994, Azzurri tersingkir pada fase penyisihan grup Piala Eropa 1996 di Inggris.

Italia yang masih dipoles Arrigo Sacchi tergabung di G bersama Jerman, Republik Ceska, dan Rusia. start Azzurri cukup meyakinkan dengan mengalahkan Rusia 2-1 lewat dua gol Pierluigi Casiraghi.

Tapi petaka datang pada laga kedua. Italia takluk 1-2 dari Republik Ceska, yang pada laga pertama dikalahkan Jerman 0-2. Gol Pavel Nedved dan Radek Bejbl hanya bisa dibalas satu oleh Enrico Chiesa.

Hasil ini membuat Italia harus melewati laga hidup mati melawan Jerman. Skenarionya, Azzurri harus menang atau berman imbang, tapi Ceska kalah dari Rusia.

Italia akhirnya bermain imbang tanpa gol melawan Jerman, namun Rusia gagal mengalahkan Ceska. Laga Rusia vs Ceska berkesudahan 3-3.

Italia tersingkir karena kalah head to head kontra Ceska meski kedua tim sama-sama mengumpulkan nilai empat. Ceska lolos ke perempat final mendampingi Jerman mewakili Grup C. Kedua tim bertemu lagi di final dan Jerman akhirnya tampil sebagai juara dengan kemenangan 2-1. 

Kegagalan ini membuat Arrigo Sacchi lengser dari posisinya sebagai pelatih Italia digantikan Cesare Maldini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement