Kamis 31 May 2012 20:42 WIB

Shevchenko Tepis Isu Rasial di Ukraina

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Karta Raharja Ucu
Striker timnas Ukraina, Andriy Shevchenko, melakukan selebrasi usai mencetak gol dalam laga persahabatan lawan Jerman di Kiev.
Foto: AP/dapd, Oliver Lang
Striker timnas Ukraina, Andriy Shevchenko, melakukan selebrasi usai mencetak gol dalam laga persahabatan lawan Jerman di Kiev.

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Striker senior Ukraina, Andriy Shevchenko mengatakan, para pendukung sepakbola tidak perlu cemas untuk datang ke negaranya. Ia membantah keras adanya permasalahan rasisme seperti yang digembor-gemborkan belakangan ini.

"Negara kami sangat tenang, orang-orang disini pun bersahabat. Kami benar-benar tidak punya masalah dengan rasisme," kata Sheva kepada BBC News, Selasa (29/5).

Mantan bintang AC Milan itu juga menegaskan, Pemerintah Ukraina melalui jajaran kepolisian sudah melakukan persiapan matang untuk melakukan pengamanan selama pertandingan berlangsung. Ia pun mengaku, Ukraina telah melakukan segalanya agar pertandingan berlangsung baik dan aman. Petugas keamanan akan tersebar di bandara, jalan-jalan, dan stadion.

"Yang pasti kami tidak pernah mendengar masalah rasisme di Ukraina," ujar mantan juru gedor Chelsea tersebut.

Ujung tombak 35 tahun itu merupakan salah satu striker andalan tim nasional Ukraina dalam perhelatan Piala Eropa 2012 nanti. Pemain yang kini membela Dinamo Moskva akan melakoni laga perdana bersama Ukraina pada 11 Juni melawan Swedia. Setelah itu ketangguhannya akan kembali diuji dengan melawan dua tim tangguh Inggris dan Prancis.

Ukraina terakhir kali berhasil memenangkan laga uji coba melawan Estonia dengan skor akhir 4-0. Dimana salah satu gol yang tercipta itu didalangi Shevchenko melalui umpan matangnya yang mampu dikonversi menjadi gol oleh Artem Milevskiy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement