Tuesday, 24 Zulhijjah 1442 / 03 August 2021

Tuesday, 24 Zulhijjah 1442 / 03 August 2021

Sebelum Piala Eropa, Jerman Kirim Delegasi Khusus Kunjungi Auschwitz

Rabu 30 May 2012 21:01 WIB

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Joachim Loew

Joachim Loew

Foto: AP/Matthias Schrader

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Delegasi sepak bola Jerman, dipimpin oleh pelatih Joachim Leow dan kapten Philipp Lahm akan mengunjungi kamp Nazi terbesar, Auschwitz di Polandia. Kunjungan ke kamp yang disebut paling mematikan itu, menurut asosiasi sepak bola Jerman (DFB), Rabu (30/5) bakal dilakukan sebelum Piala Eropa 2012 dimulai.

Sebanyak 1,5 juta orang, sebagian besar Yahudi, diyakini terbunuh di kamp Auschwitz-Birkenau, pada rentang 1940-1945. Mereka tewas baik di dalam kamar gas atau karena suhu beku, kelaparan, sakit, tes medis dan kerja paksa.

Selain presiden DFB, Wolfgang Niersbach, bos liga sepak bola Jerman, Reinhard Rauball dan manajer Jerman, Oliver Bierhoff, dalam delegasi itu akan ikut serta pula pemain kelahiran Polandia, Miroslav Klose dan Lukas Podolski.

"Obyek Holocaust dan Auschwitz telah mengisi (benak) kami lagi dan lagi, dan telah didiskusikan dengan beberapa pemain," kata Bierhoff dari kamp latihan Jerman di Prancis Selatan. "Ini bukan ajang hubungan masyarakat," tambahnya.

Kunjungan ini bukanlah program tim nasional, melainkan Federasi Sepak bola Jerman. Pasukan Loew telah mengikuti kuliah mengenai sejarah Jerman modern menjelang turnamen yang akan dilangsungkan di Polandia dan Ukraina.

Lahm mengatakan bahwa penting bagi tim Jerman untuk mengunjungi situs yang sebelumnya dipakai untuk mempraktekkan kekejaman Nazi, setelah secara pribadi mengunjungi kamp konsentrasi Dachau, dekat Muenchen. "Saya telah pergi ke Dachau dan memiliki pengalaman kunjungan seperti ini," ucapnya. "Ini adalah simbol penting dari sisi kami."

"Kami perlu memperlihatkan bahwa kami mengetahui sejarah kami, dan kami harus mengambil tanggung jawab terhadap kejadian di masa lalu, bahkan meski generasi kami tidak bertanggung jawab," imbuhnya.

Kelompok ini akan disertai oleh Dr Charlotte Knobloch, presiden komunitas Yahudi di Muenchen dan Bavaria Atas, ditambah duta besar Jerman untuk Polandia, Ruediger Freiherr von Fritsch.

Kunjungan akan dilakukan pada Jumat, sehari setelah pertandingan persahabatan melawan Israel di Leipzig. Berada di Grup B, Jerman akan menghadapi Portugal, Belanda, Denmark dalam babak penyisihan grup Piala Eropa.

Laga grup B bakal digelar di kota Gdansk, Polandia. Piala Eropa yang akan dihelat mulai 8 Juni hingga 1 Juli juga dituanrumahi oleh Ukraina.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA