Kamis 28 Jun 2018 10:17 WIB

Mengintip Tiga FIFA Fan Fest di Rusia

Suporter yang tak memiliki tiket pertandingan ke stadion berkumpul di Fan Fest.

FIFA Fan Fest di Piala Dunia 2018 Rusia
Foto: Republika/Citra Listya Rini
FIFA Fan Fest di Piala Dunia 2018 Rusia

REPUBLIKA.CO.ID, Laporan wartawan Republika, Citra Listya Rini dari Rusia.

SAINT PETERSBURG --  Fan Fest buatan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) meramaikan 11 kota penyelenggara Piala Dunia 2018 di Rusia. Suporter yang tak memiliki tiket pertandingan ke stadion berkumpul di Fan Fest. 

Republika.co.id sejauh ini telah mendatangi tiga Fan Fest berbeda yang berlokasi di Moskow, Saint Petersburg dan Nizhny Novgorod. Setiap Fan Fest memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Satu yang pasti, Fan Fest selalu dipenuhi para suporter negara kontestan Piala Dunia 2018. 

Fan Fest paling megah dan luas berlokasi di Moskow. Fan Fest yang dekat Moscow State University ini mampu menampung 40 ribu suporter. Pun, Fan Shop yang menjual aneka merchandise Piala Dunia 2018 di Fan Fest ini sangat besar. 

Beragam hiburan menarik seperti live music, arena bermain anak-anak, gerai makanan dan minuman sampai tenda penjual suvenir khas Rusia ada di Fan Fest Moskow. Sayang, jarak menuju Fan Fest ini lumayan membuat kaki pegal karena jauh dari stasiun metro terdekat, yakni Vorobyovy Gory atau Universitet. 

Beralih ke Saint Petersburg, boleh dibilang akses jalan lebih manusiawi menuju Fan Fest.  Keluar dari Stasiun Metro Nevsky Prospeckt, fan cukup berjalan kurang lebih 10 menit. Fan Fest dekat Gereja Berdarah ini pun terlihat dengan jelas di belakangnya. 

Namun, Fan Fest di Saint Petersburg kurang begitu menarik dibandingkan yang di Moskow. Luas Fan Fest agak sempit karena hanya mampu menampung sekitar 15 ribu suporter. Meski lokasinya strategis, tapi Fan Fest ini membuat suporter bergerak tak leluasa. 

Layar raksasa sebetulnya sama ukurannya dengan yang ada di Moskow. Hanya, posisi menonton yang kurang santai. Gerai makanan dan minuman juga lebih terbatas. Pun, arena bermain anak-anak tidak seperti di Moskow. 

Di Nizhny Novgorod, lokasi Fan Fest juga cukup jauh seperti di Moskow. Perbedaannya akses jalan tak melewati hutan kota, melainkan jantung kota Nizhny Novgorod dan deretan cafe yang buka siang-malam. Jalan jauh tak begitu membosankan karena pemandangan kiri dan kanan adalah cafe-cafe cantik dan museum. 

Luas Fan Fest ini hampir sama dengan yang di Saint Petersburg. Namun, desain Fan Fest yang memanjang cukup membuat nyaman para suporter. Arena nonton bareng lewat dua layar raksasa pun nyaman dan leluasa untuk bergerak. Hiburan live music juga tak membosankan meski rata-rata nyanyian berbahasa Rusia. 

Meski setiap Fan Fest ada kelebihan dan kekurangannya, para suporter tetap saja memadatinya. Fan Fest tidak pernah sepi apalagi kalau ada big match Piala Dunia 2018. Atmosfer dalam stadion seakan pindah ke arena Fan Fest. Proses pemeriksaan barang sebelum masuk Fan Fest juga sama di ketiga kota itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement