Ahad 24 Jun 2018 05:17 WIB

Sensasi Nonton Bareng di Fan Fest

Keterbatasan tiket yang dilepas FIFA menjadi alasan para suporter memadati Fan Fest.

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Endro Yuwanto
FIFA Fan Fest di Piala Dunia 2018 Rusia
Foto: Republika/Citra Listya Rini
FIFA Fan Fest di Piala Dunia 2018 Rusia

REPUBLIKA.CO.ID, SAINT PETERSBURG -- Nonton bareng alias nobar kerap dilakukan para pecinta olaharaga sepak bola. Nobar pertandingan sepak bola memang memiliki sensasi tersendiri.

Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) menyediakan tempat berkumpul bagi penggemar sepak bola yang tidak memiliki tiket masuk ke stadion bernama Fan Fest. Layar raksasa sengaja disiapkan oleh FIFA untuk memanjakan fan menyaksikan pertandingan tim-tim kesayangan berlaga di Piala Dunia 2018.

Tentu saja keberadaan Fan Fest ini sangat disukai para penggila sepak bola yang berada di Negeri Beruang Merah. Terutama, bagi fan yang tidak memiliki tiket menyaksikan tim kebanggaannya berlaga di stadion. Selain harga tiket yang mahal, perkara keterbatasan tiket yang dilepas FIFA menjadi alasan para suporter memadati Fan Fest.

"Nobar di Fan Fest seru sekali, sensasi dan atmosfernya mirip di dalam stadion. Fan sama-sama berteriak dan merayakan gol jika tim kesayangan membobol gawang lawan," kata Thomas ketika Republika.co.id jumpai di arena Fan Fest Saint Petersburg, Ahad (24/6) dini hari WIB.

Suporter negara dari Amerika Latin biasanya paling heboh ketika nobar di Fan Fest. Mereka selalu meneriakkan yel-yel untuk mendukung timnya sambil menari Samba. Pun, fan Argentina dan Meksiko yang tak kalah enerjiknya.

Ekspresi kegembiraan dan selebrasi suporter ketika tim kesayangan memetik kemenangan juga selalu mewarnai nobar di Fan Fest. Sebaliknya, jika tim yang didukung kalah, raut wajah penuh kekecewaan juga kerap dijumpai di arena Fan Fest.

Fan asal Brasil bernama Gerardo mengatakan selalu menikmati momen nobar di Fan Fest. Namun, ia mengaku, paling menikmati nobar pertandingan di Fan Fest dekat Moscow State University karena arenanya sangat luas. Plus, berbagai hiburan seru yang dihadirkan FIFA di Fan Fest berkapasitas 40 ribu penonton itu.

"Sebetulnya saya lebih enjoy nobar di Fan Fest Moskow. Di Saint Petersburg kalau boleh saya katakan agak sempit, tidak leluasa bergerak dan hiburannya minim," ujar Gerardo.

Saya pun setuju dengan ucapan Gerardo. Faktanya, Fan Fest di Saint Petersburg memiliki daya tampung lebih kecil dibandingkan dekat Moscow State University. Fan Fast Saint Petersburg hanya mampu menampung 15 ribu penonton. Sempitnya arena Fan Fest juga membuat saya kurang nikmat dan leluasa duduk untuk mendukung nobar lewat layar raksasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement