Ahad 24 Jun 2018 04:12 WIB

Berfoto dengan Si Zabivaka, Maskot Piala Dunia

Gaya berfoto masing-masing fan bersama Zabivaka pun beraneka ragam dan unik.

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Endro Yuwanto
Seorang fan berpose bersama Zabivaka.
Foto: Republika/Citra Listya Rini
Seorang fan berpose bersama Zabivaka.

REPUBLIKA.CO.ID,  MOSKOW -- Piala Dunia selalu memiliki maskot yang berbeda pada setiap penyelenggaraannya. Rusia sebagai tuan rumah menjadikan karakter serigala dengan nama Zabivaka sebagai maskot resmi Piala Dunia 2018.

Pemilihan maskot disesuaikan dengan ciri khas dari negara tuan rumah. Zabivaka digambarkan sebagai pemain muda yang energik, penuh percaya diri, dan selalu menjadi pemain kunci saat timnya mencetak gol.

Keberadaan Zabivaka mencuri perhatian para suporter negara kontestan Piala Dunia 2018. Maskot yang didisain oleh mahasiswi Rusia bernama Ekaterina Bocharova itu pun selalu menjadi objek berfoto setiap fan yang menjumpainya.

Berdasarkan pengamatan langsung Republika.co.id di Moskow dan Saint Petersburg, pekan ini, suporter tertib mengantre untuk berfoto dengan Zabivaka. Gaya berfoto masing-masing fan bersama Zabivaka pun beraneka ragam dan unik-unik.

Misalnya, ada fan yang coba menendang bola yang dipegang Zabivaka. Ada pula yang duduk manis sambil membentangkan syal bertuliskan negara asal fan.

Pose berfoto anak-anak bersama Zabivaka biasanya memeluk dari samping. Sedangkan orang dewasa mencoba berpose lebih cool di depan kamera ponsel.  

Antrean paling panjang berfoto bareng Zabivaka biasanya kalau ada pertandingan di Stadion Luzhniki, Moskow. Ini mengingat latar belakang Zabivaka adalah kemegahan stadion yang mirip dengan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta itu.

Saya pun tak ketinggalan ikut berpose dengan maskot yang memiliki arti nama pencetak gol itu.

Informasi dari laman FIFA, Zabivaka digambarkan sebagai penjelmaan sosok yang memesona dan disimbolkan ke dalam serigala muda yang sedari kecil bercita-cita menjadi pesepak bola profesional.

Kacamata yang dipakai Zabivaka dikaitkan dengan akurasinya ketika sedang mengolah si kulit bundar di lapangan.

Selain ramai diajak berfoto, merchandise yang berkaitan dengan Zabivaka juga laku dibeli suporter di FIFA Fan Shop. Para suporter terlihat membeli boneka, kaos, sweater, topi, pin sampai gantungan kunci yang berlogo maskot Piala Dunia 2018 itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement