Sabtu 23 Jun 2018 22:10 WIB

PBB Perempuan Kutuk Pelecehan Seks di Piala Dunia

Video berisi lelaki Brasil meminta seorang perempuan mengikuti kata-kata berisi rasis

Pendukung Brasil saat berada di Fan Fest dekat Moscow State University, Moskow.
Foto: Republika/Citra Listyarini
Pendukung Brasil saat berada di Fan Fest dekat Moscow State University, Moskow.

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Kantor PBB Perempuan di Brasil, pelopor global bagi kesetaraan gender, pada Jumat (22/6) mengutuk pelecehan terhadap seorang perempuan Rusia oleh beberapa wisatawan selama Piala Dunia FIFA, yang sedang berlangsung di Rusia. Rekaman video yang disiarkan jejaring sosial memperlihatkan beberapa lelaki Brasil sedang meminta seorang perempuan Rusia mengulangi beberapa kata-kata dalam Bahasa Portugal.

Perempuan itu, yang tidak mengetahui apa yang ia katakan, mengulangi pernyataan tersebut yang memiliki konotasi rasis dan seksual kuat. Rekaman video tersebut telah mengundang kemarahan dan memicu banyak kecaman di Brasil dan di luar negeri, kata Xinhua, Sabtu (23/6).

Pria Brazil itu telah diidentifikasi, tapi sejauh ini tak ada tindakan resmi yang telah dilakukan terhadap mereka. "Keinginan sengaja oleh beberapa penggemar sepak bola dari Brazil untuk melakukan pelecehan seksual terhadap perempuan selama Piala Dunia tak bisa diterima," kata UN Women Brasil.

"Untuk perempuan Rusia dan perempuan dari seluruh kewarganegaraan, UN Women Brasil menyampaikan solidaritasnya," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement