Kamis 21 Jun 2018 19:43 WIB

Suporter Korsel di Moskow Menyapa Indonesia

Skuat Negeri Ginseng tergabung dalam grup neraka di Piala Dunia edisi ke-21.

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Endro Yuwanto
Suporter Korsel di Moskow, Rusia.
Foto: Republika/ Citra Listya Rini
Suporter Korsel di Moskow, Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID,  MOSKOW -- Indonesia sebetulnya boleh ikut bangga karena salah satu wakil negara Asia, yakni Korea Selatan (Korsel), berlaga di Piala Dunia 2018. Sejumlah suporter dari Negeri Ginseng pun terlihat di Kota Moskow, ibu kota Rusia.

Melihat saudara jauh di tempat yang sama, saya pun menghampiri mereka. Saya berjumpa fan Korsel setelah menyaksikan laga kedua Grup B Piala Dunia 2018 antara Portugal dan Maroko di Stadion Luzhniki, Rabu (20/6).

Saya memperkenalkan diri kepada mereka. Termasuk nama, negara asal, dan pekerjaan saya.

Mereka kaget ketika tahu saya berasal dari Indonesia. "Wah kamu datang jauh sekali ke Moskow," kata Jinwoo, salah satu suporter Korsel yang berbincang santai dengan Republika.co.id.

"Kamu juga jauh kok dari Korsel. Oh iya, kalian ke sini memang sengaja mendukung timnas Korsel ya?" tanya saya kepada Jinwoo dan kawan-kawan yang dijawab dengan anggukan kepala mereka.

"Selamat datang di Rusia. Kami kemari untuk mendukung tim kesayangan. Maju terus Korsel dan semangat terus Indonesia," kata Jinwoo dan Bo Keuan yang berdiri di dekat Patung Vladimir Lenin depan Stadion Luzhniki.

Jinwoo dan rekan-rekannya terlihat begitu antusias berada di Moskow. Mereka sibuk berfoto mengabadikan kemegahan Stadion Luzhniki.

Tentu saja tidak lupa berfoto selfie dan membentangkan bendera Korsel di arah pintu masuk Stadion Luzhniki.

"Korsel, Korsel, Indonesia, Indonesia, ayo maju," teriak Jinwoo dan Bo Keun yang membuat orang-orang sekitar Stadion Luzhniki menolehkan kepalanya.

Skuat Negeri Ginseng tergabung dalam grup neraka di Piala Dunia edisi ke-21. Taegeuk Warrios segrup dengan juara bertahan Piala Dunia, Jerman. Korsel juga menghuni grup yang sama dengan dua negara kuat lainnya, Swedia dan Meksiko.

Korsel kalah 0-1 dari Swedia dalam laga perdana Grup F di Stadion Nizhny Novgorod, Nizhny Novgorod, Senin (18/6).

Selanjutnya, Korsel bakal menghadapi Meksiko di Stadion Rostov Arena, Sabtu (23/6) malam WIB.

Skuat Negeri Gingseng wajib menang untuk menjaga asa lolos ke babak berikutnya di Piala Dunia 2018.

Korsel memulai debutnya di Piala Dunia 1954 dan terakhir di Piala Dunia 2014. Pencapaian terbaik Taegeuk Warriors adalah pada Piala Dunia 2002 saat berhasil menempati posisi keempat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement