Sunday, 9 Rabiul Akhir 1440 / 16 December 2018

Sunday, 9 Rabiul Akhir 1440 / 16 December 2018

Tidak Semua Orang Rusia Mengenal Indonesia

Kamis 21 Jun 2018 13:49 WIB

Red: Hazliansyah

Fan Maroko berkumpul di Red Square mendukung negaranya tampil di Piala Dunia 2018

Fan Maroko berkumpul di Red Square mendukung negaranya tampil di Piala Dunia 2018

Foto: Republika/Citra Listyarini
Hanya segelintir masyarakat Rusia yang mengenal Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, Laporan wartawan Republika, Citra Listyarini, dari Moskow, Rusia

MOSKOW  --  Rusia saat ini dipenuhi turis asing dari berbagai penjuru dunia. Ini karena Negeri Beruang Merah sedang menggelar Piala Dunia 2018 di 11 kota yang berbeda.

Turis dari berbagai belahan dunia tumpah ruah di negeri yang dipimpin oleh Vladimir Putin itu. Manusia dari berbagai ras dan kebangsaan bertebaran di berbagai sudut Kota Moskow, ibu kota Rusia.

Termasuk salah satu turis asing, saya kerap ditanya berasal dari negara mana oleh warga Moskow. Ketika melihat wajah saya, rata-rata dari mereka menebak saya orang Jepang, Cina, atau Thailand. Tidak satu pun keluar dari bibir mereka nama Indonesia.

"Oh kamu dari Indonesia. Sepertinya saya pernah mendengar nama negara kamu," kata Dmitry kepada Republika.co.id di dekat Katedral Santo Basil, Moskow, Rabu (20/6).

Pria berkacamata itu terkejut ketika saya perlihatkan lokasi Indonesia di peta dunia. "Jauh sekali kamu ke sini," ujar Dmitry yang saya balas dengan senyum simpul di wajah.

Beberapa polisi turis yang saya jumpai di stasiun metro bawah tanah juga kerap mengernyitkan dahi ketika saya bilang berasal dari Indonesia. Lagi-lagi mereka mengaku lebih kenal orang Jepang dan Cina.

Namun, saya juga berjumpa dengan segelintir orang Rusia yang mengenal bahkan pernah pergi ke Indonesia.

"Wah kamu dari Indonesia? Saya pernah ke Bali sekitar empat tahun lalu," kata Ivan yang saya jumpai di taman air mancur depan Stadion Luzhniki.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

Jadwal Pertandingan

Selengkapnya
 
Terpopuler
 
Terkomentari