Sunday, 10 Rabiul Awwal 1440 / 18 November 2018

Sunday, 10 Rabiul Awwal 1440 / 18 November 2018

Pendukung Jerman Memilih Diam

Senin 18 Jun 2018 14:41 WIB

Rep: Citra Listyarini/ Red: Ratna Puspita

Foto di Stasiun Metro Vorobyovy Gory, Moskow, Ahad (17/6).

Foto di Stasiun Metro Vorobyovy Gory, Moskow, Ahad (17/6).

Foto: Republika/Citra Listya Rini
Jerman kalah di laga pembuka Piala Dunia untuk kali pertama sejak 1982.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW  --  Juara bertahan Piala Dunia, Jerman, takluk dari Meksiko dalam laga pembuka Grup F Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Ahad (17/6). Gol semata wayang Hirving Lozano pada menit ke-35 berhasil membungkam tim Panser beserta para pendukungnya. 

Kekecewaan bukan hanya mewarnai wajah pelatih Joachim Loew dan skuat asuhannya di dalam lapangan. Suporter Die Mannschaft pun harus menelan pil pahit melihat tim kesayanganya tak berdaya meladeni El Tri. 

Saya melihat langsung kekecewaan pendukung Jerman di FIFA Fan Fest dekat Moscow State University, Moskow.  Ekspresi kekecewaan suporter Jerman pun beragam. 

Ada yang terduduk lemas menatap layar raksasa di FIFA Fan Fest. Ada yang melempar gelas plastik berisi bir yang belum sepenuhnya habis juga menjadi salah satu gambaran kekecewaan fan Jerman yang saya lihat. Dengan menggunakan bahasa Jerman, mereka membahas pertandingan sambil geleng-gelang kepala. 

Situasi berbeda terlihat dari rombongan suporter Meksiko yang larut dalam euforia kemenangan timnya. Mereka menari dan meneriakkan yel-yel kemenangan yang suaranya memekik telinga. 

Rombongan pria bertopi Sombrero dan berseragam El Tri tampak berseri-seri.  Jumlah fan Meksiko yang menonton pertandingan di FIFA Fan Fest dekat Moscow State University cukup banyak. 

Pemilik jersei warna hijau putih gampang sekali dilihat di setiap sudut FIFA Fan Fest. Dominasi Meksiko bukan hanya di dalam lapangan hijau.  Melihat kubu Meksiko yang asyik berpesta pora, suporter Jerman pun seakan tahu diri. 

Mereka memilih diam dan tidak bereaksi keras seusai Thomas Mueller cs menelan kekalahan. Jumlah fan Jerman yang berada di FIFA Fan Fest dekat Moscow State University juga lebih sedikit dibandingkan kubu Meksiko. 

"Jujur kami kecewa karena tim kebanggaan kami kalah. Tapi, itulah sepak bola ada kalah dan menang," kata Stefan kepada Republika.co.id. 

Jerman kalah di laga pembuka Piala Dunia untuk kali pertama sejak terakhir kali Piala Dunia 1982. Ketika itu, tim Panser kalah 1-2 dari Aljazair. 

Sebaliknya, dengan mengalahkan Jerman membuat Meksiko bisa memenangi enam pertandingan pembukanya di Piala Dunia. Namun, Stefan yakin Jerman bakal bangkit di pertandingan berikutnya melawan Swedia (23 Juni) dan Korea Selatan (27 Juni). 

Pria yang tangannya dipenuhi tato itu percaya Loew tidak ingin skuat asuhannya dipermalukan lagi di Piala Dunia 2018. Jawaban penuh kekecewaan pun disampaikan sejumlah fan Jerman yang saya temui. 

Mereka agak sedikit malas mengomentari kekalahan timnya. Fan Jerman langsung kabur ke tempat penjual bir dan membeli kudapan yang ada di sekitar FIFA Fan Fest. Sisanya memilih balik badan menuju Stasiun Metro Vorobyovy Gory dan berfoto di arena FIFA Fan Fest.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

Jadwal Pertandingan

Selengkapnya
 
Terpopuler
 
Terkomentari