Sunday, 13 Muharram 1440 / 23 September 2018

Sunday, 13 Muharram 1440 / 23 September 2018

Pelatih Korsel Tukar Kostum Pemain untuk Kelabui Lawan

Senin 18 June 2018 07:15 WIB

Red: Israr Itah

Tim Nasional Korea Selatan

Tim Nasional Korea Selatan

Foto: AP Photo/Lee Jin-man
Menurut Tae-yong, lawan-lawannya akan kesulitan membedakan wajah para pemainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, NIZHNYNOVGOROD -- Pelatih Korea Selatan, Shin Tae-yong punya cara unik untuk mengelabui lawannya di Piala Dunia 2018. Ia memerintahkan para pemainnya menggunakan seragam dengan nomor kostum berbeda dengan yang dipakai pada laga persahabatan sebelum Piala Dunia 2018. Menurut Tae-yong, lawan-lawannya akan kesulitan membedakan wajah para pemainnya sehingga mengandalkan nomor kostum.

"Kami menukarnya karena kami tak ingin menunjukkan lawan-lawan kami semuanya dan mencoba untuk membuat mereka bingung," kata Tae-yong dikutip BBC, Ahad (17/6).

Menurut Tae-yong, hanya Son Heung-min dan kapten Ki Sung-yueng yang mengenakan seragam dengan nomor sama melawan Bolivia dan Senegal awal bulan ini. Selebihnya akan menggunakan nomor berbeda saat menghadapi Swedia di Nizhny Novgorod, Senin (18/6).

"Mereka mungkin tahu beberapa pemain kami, tapi sangat sulit bagi orang-orang Barat membedakan orang-orang Asia dan itu sebabnya kami melakukannya (menukar nomor kostum)," ungkap dia.

Ia juga mengomentari tentang rumor salah satu pemantau dari Swedia mengamati latihan Korsel saat menjalani persiapan di Rusia. Menurut Tae-yong, semua pelatih merasa lawan-lawan mereka selalu mengintai. Menurut dia, wajar semua pihak berusaha mendapatkan informasi sebanyak mungkin tentang lawan-lawannya.

Dalam konferensi pers sebelum pertandingan, pelatih Swedia Janne Andersson mengakui salah satu stafnya Lasse Jacobsson menyaksikan sesi latihan Korsel.  "Dia mendengar tentang sesi latihan dan tak paham itu sesi tertutup. Dia menyaksikan dari jauh," kata Andersson.

Menurut Andersson, penting menunjukkan rasa hormat terhadap semua lawan. Ia menyesali bila ada pihak yang menafsirkan kejadian ini dengan cara berbeda.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

Jadwal Pertandingan

Selengkapnya
 
Terpopuler
 
Terkomentari