Ahad 17 Jun 2018 14:52 WIB

Menaklukkan Kerumitan Metro di Kota Moskow

Metro sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari jutaan warga Moskow.

Suasana di dalam kereta bawah tanah atau metro Kota Moskow.
Foto: REPUBLIKA/Citra Listya Rini
Suasana di dalam kereta bawah tanah atau metro Kota Moskow.

REPUBLIKA.CO.ID, Laporan Citra Listya Rini dari Moskow, Rusia.

Kereta bawah tanah alias metro menjadi sarana transportasi penunjang warga di kota-kota besar dunia termasuk di Moskow, Rusia. Metro sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari jutaan warga Moskow.

Stasiun metro di Moskow gampang sekali dijumpai. Ini mengingat terdapat 12 lini dan 196 stasiun Metro di Moskow. Ada lini berwarna merah, hijau, abu-abu, kuning, cokelat, biru sampai pink. Tentu saja banyaknya lini metro di Moskow ini membuat pelancong seperti saya menggarukkan kepala alias pusing. 

Urusan membeli tiket metro sangatlah mudah, Anda cukup mendatangi petugas di loket atau menggunakan mesin. Yang membuat pusing adalah lini mana yang harus kita pilih untuk mencapai tempat tujuan. Tulisan Sirilik Rusia yang sulit dibaca membuat kepala semakin pusing tujuh keliling mencari stasiun tujuan. 

Alhasil, saya mencari pertolongan warga sekitar untuk memberitahukan arah metro. Tersesat dari satu stasiun ke stasiun metro lainnya pun jadi makanan sehari-hari saya. Padahal saya sudah memfoto petunjuk arah metro.

photo
Foto rute metro di Kota Moskow.

Namun, rumitnya sistem metro di Moskow akhirnya bisa saya taklukkan. Ternyata butuh waktu tiga hari bagi saya menaklukkan kerumitan metro di Moskow. Aplikasi rute perjalanan metro yang saya unduh di ponsel menjadi dewa penolong.

Lewat aplikasi itu, saya tinggal memasukkan nama stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan. Otomatis keluar beberapa stasiun metro yang bakal saya lewati. Termasuk juga stasiun mana saya harus berpindah dari lini satu ke lini lainnya.

Saya harus membayar 55 rubel untuk setiap perjalanan metro.  Sistem transportasi metro di Moskow telah berdiri sejak 1935 dan buka setiap hari dari pukul 05.35 hingga 01.00 waktu setempat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement