Sabtu 16 Jun 2018 11:41 WIB

Dua Menteri Jagokan Spanyol Jadi Juara Piala Dunia 2018

Menhub dan Menag mendukung tim sepak bola Spanyol.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nur Aini
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi
Foto: RepublikaTV/Havid Al Vizki
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjagokan Spanyol sebagai pemenang Piala Dunia 2018. Menurutnya, selama ini Liga Spanyol menyuguhkan permainan sepak bola yang hebat.

"Spanyol keren," kata dia di kediamanya, Jalan Widya Chandra IV Jakarta Selatan, Jumat (15/6) malam.

Karena itu, ia meyakini tim sepak bola Spanyol mampu meraih juara dunia tahun ini. Terkait pemecatan pelatih tim nasional Julen Lopetegui oleh Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), Budi menganggap hal itu menjadi suka duka dunia sepak bola.

Budi mengatakan kecintaannya terhadap klub Spanyol sudah dimulai sejak lama. Ia menilai Liga Spanyol selalu menyuguhkan permainan dan memiliki klub yang luar biasa hebat. Ia mengidolakan klub sepak bola Barcelona dan Lionel Messi sebagai pemain favoritnya.

Dukungan untuk Spanyol juga datang dari Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Ia mengaku suka dengan tim sepak bola Belanda. Namun, karena Belanda tidak ikut dalam Piala Dunia 1018, ia mendukung Spanyol.

"Saya termasuk yang fanatik Belanda, saya juga waduh baru kali ini Belanda bisa nggak lolos Piala Dunia," kata Lukman di rumah dinasnya, Jumat (16/6).

Dia mengungkapkan alasannya menyukai sepak bola Belanda karena ada kedekatan emosional. Saat masih muda dan menggemari sepak bola yakni sekitar 1970-an, melihat Belanda yang pertama kali mengenalkan total football.

Karena Belanda tidak ikut Piala Dunia 2018, ia menjagokan tim sepak bola Spanyol. Menurutnya, tim sepak bola Spanyol memiliki pemain-pemain dan strategi yang bagus. "Spanyol memang punya gaya permainan bagus menurut saya, jadi zona marking yang diterapkan (tim sepak bola Spanyol) menurut saya sesuatu yang menarik," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement