Selasa 22 May 2018 11:24 WIB

6 Fakta Menarik Timnas Spanyol

Hanya enam pemain Spanyol yang berangkat ke Rusia bermain di luar negara asal mereka.

Suasana latihan timnas Spanyol. (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/RONALD WITTEK
Suasana latihan timnas Spanyol. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Julen Lopetegui telah menentukan 23 nama yang akan membela Spanyol pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Sejumlah nama tenar masuk dan beberapa lainnya harus rela hanya menjadi penonton dari jauh.

Berikut ini enam fakta menarik mengenai skuat Spanyol di Piala Dunia 2018, dilansir Marca, Selasa (22/5):

Pemain yang merumput di La Liga dan luar Spanyol

Hanya enam pemain Spanyol yang berangkat ke Rusia bermain di luar negara asal mereka. Mereka, yakni David De Gea (Manchester United), Pepe Reina (Napoli), Cesar Azpilicueta (Chelsea), Nacho Monreal (Arsenal), Thiago Alcantara (Bayern Muenchen) dan David Silva (Manchester City).

Caps terbanyak dan paling sedikit

Sergio Ramos adalah pemain internasional paling berpengalaman dengan 151 caps, diikuti Andres Iniesta (125 caps), David Silva (119), Sergio Busquets (100), dan Gerard Pique (96). Di sisi lain, sosok Lucas Vazquez (lima caps), Rodrigo Moreno (empat), Alvaro Odriozola (dua) dan Kepa Arrizabalaga, yang baru sekali bermain untuk Spanyol, butuh waktu lama untuk menyusul para senior mereka.

Baca juga: 10 Ribu Suporter Buat Petisi Dukung Radja Nainggolan Masuk Skuat Belgia

Top skorer dan belum pernah mencetak gol

David Silva telah mencetak gol lebih banyak daripada siapa pun dalam skuad 23 pemain yang ditentukan Julen Lopetegui. Ia mengemas 35 gol, jauh di atas Andres Iniesta (14), Sergio Ramos (13) dan Isco (10). Delapan nama belum tercatat mempersembahkan gol untuk Spanyol, yaitu Cesar Azpilicueta, Dani Carvajal, Nacho, Alvaro Odriozola, Koke, Saul Niguez, Lucas Vazquez dan Marco Asensio.

Tim asal pemain

Ada 12 tim dengan pemain dipanggil oleh Lopetegui, dipimpin oleh Real Madrid dengan enam, Barcelona dengan empat dan Atletico Madrid dengan tiga. Klub lain yang terlibat termasuk Manchester United, Napoli, Athletic Club, Chelsea, Arsenal, Real Sociedad, Manchester City, Bayern Muenchen, Celta Vigo dan Valencia.

Provinsi asal pemain

Madrid adalah ibu kota Spanyol dan ibu kota skuat ini dengan menyumbangkan lima pemain, yakni David De Gea, Pepe Reina, Dani Carvajal, Nacho dan Koke. Barcelona memiliki tiga orang dari kota mereka, yaitu Jordi Alba, Gerard Pique, dan Sergio Busquets, sementara Navarra juga memiliki dua, Cesar Azpilicueta dan Nacho Monreal. Daerah lainnya adalah Vizcaya (Kepa), Guipuzcoa (Odriozola), Seville (Ramos), Albacete ( Iniesta), Alicante (Saul), Las Palmas (Silva), Pontevedra (Aspas), Malaga (Isco), La Coruna (Lucas Vazquez) dan Balearics (Marco Asensio).

Tiga pemain juga lahir di luar Spanyol, dengan Thiago berasal dari Bari, Italia, Diego Costa dari Lagarto, Brasil, dan Rodrigo Moreno lahir Rio de Janeiro, Brasil.

Tertua dan termuda

Pepe Reina akan menjadi 'kakek' tim, berusia 38 tahun saat turnamen dimulai. Adapun Marco Asensio menjadi yang termuda dengan tampil di Piala Dunia pertamanya pada usia 22 tahun.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement