Selasa, 15 Muharram 1440 / 25 September 2018

Selasa, 15 Muharram 1440 / 25 September 2018

Hierro Minta Pemain Spanyol Lupakan Insiden Lopetegui

Jumat 15 Juni 2018 16:37 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Hazliansyah

Fernando Hierro (kanan) saat memimpin latihan timnas Spanyol.

Fernando Hierro (kanan) saat memimpin latihan timnas Spanyol.

Foto: EPA-EFE/RONALD WITTEK
Spanyol akan memulai perjalanannya di Piala Dunia menghadapi Portugal dini hari nanti

REPUBLIKA.CO.ID, SOCHI -- Spanyol akan memulai petualangan pada Piala Dunia 2018 tanpa pelatih Julen Lopetegui. Armada La Roja berhadapan dengan Portugal pada Laga Pembuka Grup B, di Stadion Fisht, di Sochi, Rusia, Sabtu (16/6) dini hari WIB.

Pengganti Lopetegui, Fernando Hierro meminta pasukannya segera keluar dari bayang-bayang masa lalu. Ini berkaitan dengan pemecatan yang dilakukan Federasi Sepakbola Spanyol terhadap arsitek sebelumnya.

"Kami tidak punya waktu untuk meratap. Kami harus mengubah fokus. Kami wajib melakukannya," kata Hierro, mengutip dari Foxsport, Jumat (15/6).

Federasi Spanyol (RSFF) memecat Lopetegui setelah Real Madrid mengumumkan yang bersangkutan sebagai pelatih anyar. Presiden RSFF, Luis Rubiales memberhentikan eks juru taktik Porto di ambang Piala Dunia.

Padahal Lopetegui memiliki rekor mentereng bersama La Roja. Dalam 20 pertandingan, ia meraih 14 kemenangan, sisanya imbang.

Rubiales dan jajarannya kecewa dengan sikap Lopetegui yang tidak transparan. RSFF kemudian mengangkat Hierro sebagai pelatih sementara. Sebelumnya sosok 50 tahun itu berstatus Direktur Olahraga.

Hierro adalah mantan bek Spanyol dan Real Madrid. Di level kepelatihan, yang bersangkutan sempat menjadi asisten Carlo Ancelotti di Madrid pada 2014. Kemudian eks kapten Los Blancos itu membesut klub divisi dua di negeri Matador, Real Oviedo dua musim lalu, sebelum gabung ke timnas.

"Saya hanya memiliki pengalaman setahun di Oviedo, dan setahun sebagai asisten pelatih. Tapi saya sudah dekat dengan sepak bola, selama 30 tahun," ujar Hierro.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

Jadwal Pertandingan

Selengkapnya
 
Terpopuler
 
Terkomentari