Senin 16 Jun 2014 03:01 WIB

Diwarnai Kartu Merah, Prancis Sementara Ungguli Honduras

Rep: c71/ Red: Mansyur Faqih
Karim Benzema
Foto: ap
Karim Benzema

REPUBLIKA.CO.ID, PORTO ALEGRE -- Prancis menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 berkat gol penalti Karim Benzema. Menit ke-42 wasit memberikan hadiah penalti untuk Prancis. 

Palacios mendorong Pogba di kotak penalti. Wasit pun menghadiahkan kartu kuning kedua serta kartu merah untuk Palacios. Ini merupakan kartu merah pertama dalam Piala Dunia 2014.

Benzema yang mengambil tendangan penalti bertugas dengan baik. Tendangan ke arah kanan gawang itu menipu kiper Honduras. Prancis pun unggul 1-0 dan sukses menghapus sejarah buruk karena gagal mencetak gol dalam tiga laga perdana mereka di Piala Dunia.

Sedangkan Honduras harus berjuang ekstra di babak kedua dengan hanya 10 pemain. Pertandingan Prancis dan Honduras diawali dengan hal yang tidak biasa karena tidak ada lantunan lagu kebangsaan untuk kedua tim. 

Gangguan teknis merupakan penyebab kejadian tersebut. Fans kedua tim yang tak gembira, langsung bersiul dan mencemooh. Tetapi wasit asal Brasil, Sandro Ricci langsung meminta kedua tim bersalaman. 

Sejak kick off babak pertama, Prancis terus menekan pertahanan Honduras. Pada menit ke-14, Blaise Matuidi melepaskan tendangan keras hasil kesalahan bek Honduras, Brayan Beckeles yang gagal membuang bola. Sayang, tendangannya masih membentur mistar gawang yang dijaga kiper Honduras, Valladares. 

Permainan keras ditunjukkan Honduras. Beberapa kali anak asuh Luis Suarez itu melepaskan tekel keras ke pemain Prancis. 

Hingga menit ke-20, Prancis masih terus mendominasi serangan. Les Blues tampaknya cukup berambisi untuk mencatat kemenangan di Piala Dunia. Terakhir kali mereka menang ketika melawan Togo di Piala Dunia 2006 Jerman. 

Terjadi konflik akibat insiden saling tekel antara Paul Pogba dan Wilson Palacios pada menit ke-28. Pemain Prancis dan Honduras langsung berkerumun dan sempat terjadi keributan. Beruntung wasit cepat melerai dan menghadiahkan kartu kuning untuk Pogba dan Palacios.

Prancis tampaknya sangat mengandalkan Valbuena untuk memulai serangan. Berkali-kali winger Marseille itu menyisir sisi kanan lapangan untuk melepaskan umpan-umpan matang.

Prancis dan Honduras masih akan terus berjuang untuk meraih hasil terbaik. Sebelumnya, penghuni lain Grup E, Swiss berhasil menaklukkan Ekuador 2-1. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement